Respon Siswa dalam Mengungkapkan Emosi Marah di SMP dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling

Desra, Nurdiani (2019) Respon Siswa dalam Mengungkapkan Emosi Marah di SMP dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_NURDIANI_DESRA_15006022_4384_2019.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Emosi marah merupakan reaksi emosional terhadap sesuatu yang tidak sesuai dengan yang diinginkan dan disebabkan oleh berbagai macam hal seperti ancaman, kekecewaan, frustasi dan lainnya Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena adanya siswa yang mudah marah dan mudah tersinggung sehingga berperilaku kasar. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan respon siswa dalam mengungkapkan emosi marah di SMP dan Implikasinya terhadap layanan BK. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah sebanyak 4 7 5 orang siswa dan sampel sebanyak 217 siswa yang dipilih dengan teknik Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket emosi marah siswa. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa yang pertama, emosi marah remaja berdasarkan aspek biologis cenderung berada pada kategori cukup tinggi (53,45%). Kedua, emosi marah remaja berdasarkan aspek emosional cenderung berada pada kategori cukup tinggi (50,23%). Ketiga, emosi marah remaja berdasarkan aspek intelektual cenderung berada pada kategori tinggi (45,62%). Keempat, emosi marah remaja berdasarkan aspek sosial cenderung berada pada kategori cukup tinggi (64,05%). Dan kelima, emosi marah remaja berdasarkan aspek spiritual cenderung berada pada kategori cukup tinggi (52,99%). Berdasarkan temuan penelitian, disarankan kepada guru BK/Konselor sekolah untuk dapat memberikan layanan bimbingan dan konseling berupa layanan informasi, layanan penguasaan konten, layanan konseling perorangan, dan layanan konseling kelompok kepada siswa, agar dapat membantu mengekspresikan emosi marah siswa dengan tepat dan mampu mengelola emosi marah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Mar 2020 06:43
Last Modified: 03 Mar 2020 06:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25589

Actions (login required)

View Item View Item