Pengaruh Kandidat dan Ikatan Sosial terhadap Perilaku Pemilih Pemula dalam Pemilihan Legislatif Tahon 2019 di Kecamatan Tilatang Kamang

Saputra, lrfan (2019) Pengaruh Kandidat dan Ikatan Sosial terhadap Perilaku Pemilih Pemula dalam Pemilihan Legislatif Tahon 2019 di Kecamatan Tilatang Kamang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_IRFAN_SAPUTRA _15042057_5808_2019.pdf

Download (559kB) | Preview

Abstract

Partisipasi politik yang ada di Indonesia tidak terlepas dari peran perilaku pemilih terutama perilaku pemilih pemula. Pemilih pemula ini juga salah satu faktor yang mempengaruhi hasil dari suatu pemilihan umum. Kecamatan Tilatang Kamang memiliki potensi pemilih pemula yang cukup besar. Akan tetapi, partisipasi pemilihan masyarakat pada Kecamatan ini masih rendah termasuk di dalamnya pemilih pemula. Ada beberapa faktor yang dapat menjadi penentu bagi pemilih pemula untuk menj atuhkan pilihannya salah satunya kandidat dan ikatan sosial. Untuk itu melalui penelitian ini melihat pengaruh dari kedua faktor tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kandidat dan ikatan sosial terhadap perilaku pemilih pemula dalam pemilihan legislatif tahun 2019 di Kecamatan Tilatang Kamang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi yang diambil berasal dari Kecamatan Tilatang Kamang dan teknik penarikan sampel dengan metode Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data berasal dari kuisioner/angket dan dokumen-dokumen pendukung dari Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Agam. Hasil Penelitian ini, secara parsial kandidat memiliki pengaruh terhadap perilaku pemilih pemula sedangkan ikatan sosial tidak memiliki pengaruh terhadap perilaku pemilih pemula. Secara simultan kandidat dan ikatan sosial berpengaruh terhadap perilaku pemilih pemula dengan besar pengaruh 32% dan 68% lagi dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 03 Mar 2020 06:43
Last Modified: 03 Mar 2020 06:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25583

Actions (login required)

View Item View Item