Pengaruh Daya Ledak Otot Tungkai, Kelentukan, dan Percaya Diri terhadap kemampuan Long Passing Pemain Sepakbola Binaan DISPORA Kota Solok

Ilahi, Ridho (2019) Pengaruh Daya Ledak Otot Tungkai, Kelentukan, dan Percaya Diri terhadap kemampuan Long Passing Pemain Sepakbola Binaan DISPORA Kota Solok. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_RIDHO_ILAHI_17199049_4072_2019.pdf

Download (618kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan terhadap pemain sepakbola binaan DISPORA Kota Solok ditemukan bahwa kemampuan Long Passing yang dimiliki masih rendah. Kemampuan Long Passing dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya diduga dipengaruhi oleh daya ledak otot tungkai, kelentukan, dan percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung antara variabel eksogen dengan endogen yaitu menemukan besarnya pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung daya ledak otot tungkai, kelentukan, dan percaya diri terhadap kemampuan long passing. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif melalui pendekatan deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemain sepakbola binaan DISPORA Kota Solok pada tahun 2019 yang berjumlah 25 orang. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dengan cara total sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 25 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes standing broad jump untuk daya ledak otot tungkai, tes flexiometer untuk kelentukan, angket untuk percaya diri, dan tes keterampilan tendangan jauh untuk kemampuan long passing. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) pengaruh langsung daya ledak otot tungkai terhadap kemapuan long passing pemain sepakbola sebesar 12.04%. (2) pengaruh langsung kelentukan terhadap kemampuan long passing pemain sepakbola sebesar 12,74%. (3) pengaruh langsung percaya diri terhadap kemampuan long passing pemain sepakbola sebesar 11.97%. (4) pengaruh tidak langsung daya ledak otot tungkai terhadap kemampuan long passing pemain sepakbola melalui percaya diri sebesar 18.32%. (5) pengaruh tidak langsung kelentukan terhadap kemampuan long passing melalui percaya diri pemain sepakbola sebesar 11.70%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 03 Mar 2020 02:52
Last Modified: 03 Mar 2020 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25575

Actions (login required)

View Item View Item