Meningkatkan Keterampilan Vokasional Menjahit Ritsleting Melalui Media Video Tutorial Bagi Anak Tunarungu Kelas XI di SLB N 1 Lima Kaum

Sari, Nilam Permai (2019) Meningkatkan Keterampilan Vokasional Menjahit Ritsleting Melalui Media Video Tutorial Bagi Anak Tunarungu Kelas XI di SLB N 1 Lima Kaum. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_NILAM_PERMAI_SARI_15003055_5091_2019.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB N 1 Lima Kaum, pada kelas XI/B yang belajar keterampilan. Penyampaian pembelajaran keterampilan menjahit yang tidak dapat dimengerti oleh anak sehingga anak tidak memahami pelajaran dan ketidaktahuan untuk menjahit ritsleting dengan benar dan rapi. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan bahwa dengan media video tutorial mampu meningkatkan keterampilan vokasional menjahit ritsleting bagi anak tunarungu di kelas XI SLBN 1 Lima Kaum. Metode dalam penelitian ini menggunakan media video tutorial dalam jenis penelitian subjek tunggal (single subject research!). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu desai A-B-A. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi, tes keterampilan menjahit ritsleting oleh anak, dengan jumlah item 15 yang berkenaan dengan langkah-langkah menjahit ritsleting yang benar dan rapi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis antar kondisi dan analisis dalam kondisi. Hasil pengamatan yang diperoleh dari penelitian tersebut, yaitu: pada kondisi baseline awal (A) dalam empat kali pertemuan terdapat hasil 0% di karenakan anak belum menunjukkan peningkatan dalam menjahit ritsleting. Hasil kondisi intervensi (B) anak sudah menunjukan peningkatan dengan rentang waktu tujuh kali pertemuan sebanyak 26,67%. Hasil kondisi baseline akhir (A2) untuk mendapatkan data kesimpulan berdasarkan lima kali pertemuan dengan peningkatan 6,67%. Berdasarkan hasil pelaksanaa penelitian tersebut membuktikan penggunaan media video tutorial dapat meningkatkan keterampilan vokasional menjahit ritsleting bagi anak tunarungu di kelas XI SLB N 1 Lima Kaum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Mar 2020 02:52
Last Modified: 03 Mar 2020 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25572

Actions (login required)

View Item View Item