Pengaruh Metode Cooperative Script dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Seni Musik dalam Pembelajaran Seni Budaya di Kelas X SMK N 1 Hiliran Gumanti Kabupaten Solok

Elfitrayeni, Elfitrayeni (2019) Pengaruh Metode Cooperative Script dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Seni Musik dalam Pembelajaran Seni Budaya di Kelas X SMK N 1 Hiliran Gumanti Kabupaten Solok. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_ELFITRAYENI_16167005_4946_2019.pdf

Download (822kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi di SMK N I Hiliran Gumanti ditemui masih rendahnya hasil belajar Seni Budaya (seni musik), banyak siswa yang kurang serius dalam belajar seni budaya (seni musik) dan dalam pembelajaran guru masih kurang memberikan variasi dalam menggunakan media dan metode pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran cooperative script dengan siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran konvensional (2) hasil belajar seni musik siswa yang memiliki motivasi tinggi yang di ajar menggunakan metode pembelajaran cooperative script dengan siswa yang memiliki motivasi tinggi yang diajar menggunakan metode pembelajaran konvensional. (3) hasil belajar siswa yang memiliki motivasi rendah yang diajar menggunakan metode pembelajaran cooperative script dengan siswa hasil belajar seni musik yang memiliki motivasi rendah yang diajar menggunakan metode pembelajaran konvensional. (4) interaksi antara metode pembelajaran cooperative script dan motivasi siswa dalam mempengaruhi hasil belajae siswa. Jenis penelitian ini adalah experiment semu dengan desain factorial 2x2. Sampel alam penelitian adalah siswa kelas X TKJ A sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ B sebagai kelas control. Sampel penelitian diambil dengan teknik simle random sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui tes hasil belajar yang dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji-t dan uji ANOVA. Sedangkan data angket motivasi di uji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar seni musik siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran cooperatif script lebih tinggi disbandingkan dengan hasil belajar seni musik siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran konvensional. (2) hasil belajar seni musik siswa yang memiliki motivasi tinggi yang diajar menggunakan metode pembelajaran cooperative script lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar seni musik siswa yang memiliki motivasi tinggi yang diajar menggunakan metode pembelajaran konvensional. (3) hasil belajar seni musik siswa yang memiliki motivasi rendah yang diajar menggunakan metode pembelajaran cooperative script lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar seni musik siswa yang memiliki motivasi rendah yang diajar menggunakan metode pembelajaran konvensional. (4) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi siswa dalam mempengaruhi hasil belajar seni musik siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 03 Mar 2020 02:51
Last Modified: 03 Mar 2020 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25571

Actions (login required)

View Item View Item