Pengaruh Perhatian Orang Tua, Kebugaran Jasmani dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) Peserta Didik Kelas X AK 1 di SMK Negeri 1 Kota Solok

Gustian, Yuhanda (2019) Pengaruh Perhatian Orang Tua, Kebugaran Jasmani dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) Peserta Didik Kelas X AK 1 di SMK Negeri 1 Kota Solok. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_YUHANDA_GUSTIAN_17199092_2695_2019.pdf

Download (568kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah menurunnya prestasi belajar siswa di SMK N 1 Kota Solok. Perstasi ini di pengaruhi oleh banyak faktor eksogen seperti perhatian orang tua, kebugaran fisik dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh variable eksogen terhadap variabel endogen secara langsung dan simultan. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang menggunakan pendekatan Path Analisis. Dan populasi semua siswa kelas X di SMK N 1 Kota Solok 76 orang yang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara purposive random sampling, dengan total sampel sebanyak 38 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner untuk mengukur perhatian orang tua dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran, tes TKJI untuk mendapatkan data kebugaran fisik dari siswa di semester genap tahun ajaran 2018/2019. Hasil penelitian dan analisis data ini menunjukan bahwa: (1). Perhatian orang tua memengaruhi siswa secara langsung dan signifikan terhadap hasil belajar. (2). Kebugaran jasmani memengaruhi siswa secara langsung dan signifikan terhadap hasil belajar. (3). Motivasi belajar berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap hasil belajar. (4). Perhatian orang tua berpengaruh secara tidak langsung terhadap hasil belajar PJOK melalui motivasi belajar. (5) Kebugaran jasmani berpengaruh secara tidak langsung terhadap hasil belajar PJOK melalui motivasi belajar. (6) Perhatian orang tua, kebugaran jasmani dan motivasi belajar berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar PJOK.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 03 Mar 2020 02:51
Last Modified: 03 Mar 2020 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25570

Actions (login required)

View Item View Item