Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Science, Environment, Technology, and Society (SETS) Berbantuan Jurnal Belajar Pada Materi Ekologi dan Perubahan Lingkungan untuk SMA/MA.

Hartati, Sri (2019) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Science, Environment, Technology, and Society (SETS) Berbantuan Jurnal Belajar Pada Materi Ekologi dan Perubahan Lingkungan untuk SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_SRI_HARTATI_17177057_3397_2019.pdf

Download (872kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data investigasi awal yang dilakukan peneliti dengan mewawancarai tiga orang guru biologi dan pemberian angket kepada 93 orang peserta didik dari 3 sekolah di kota Padang, diperoleh data bahwa dalam proses pembelajaran peserta didik tidak pernah menganalisis atau mendiskusikan masalah/isu-isu yang terkait dengan materi ekologi dan perubahan lingkungan, sehingga peserta didik masih belum dapat mengaplikasikan pembelajaran ekologi dan perubahan lingkungan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan waktu pembelajaran yang kurang cukup. Selain itu peserta didik belum pernah membuat jurnal belajar sebagai bentuk refleksi pembelajarannya. Oleh karena itu, peserta didik membutuhkan bahan ajar berupa modul yang berbasis SETS berbantuan Jurnal belajar pada materi ekologi dan perubahan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran pada materi ekologi dan perubahan lingkungan berbasis SETS berbantuan jurnal belajar yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp. Tahap pengembangan Plomp terdiri dari investigasi awal, pengembangan prototype dan penilaian. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X SMAN 5 Padang. Validasi dilakukan oleh pakar biologi, teknologi pendidikan dan pakar bahasa Indonesia. Kepraktisan modul dilihat dari hasil pengisian lembar praktikalitas oleh peserta didik dan guru. Keefektifan dilihat dari kompetensi peserta didik baik dari aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran berbasis SETS berbantuan jurnal belajar pada materi ekologi dan perubahan lingkungan untuk peserta didik sangat valid. Artinya, modul pembelajaran ini memiliki kualitas bagus berdasarkan penilaian pakar pada bidang didaktik, konstuk, teknis dan bahasa. Peserta didik dan guru mengkategorikan modul ini dalam kategori sangat praktis karena kemudahan dalam pemakaiannya. Modul ini dikategorikan efektif karena kelas eksperimen menunjukkan peningkatan kompetensi pengetahuan sikap, dan keterampilan. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis SETS berbantuan jurnal belajar pada materi ekologi dan perubahan lingkungan dinyatakan valid, praktis dan efektif. Kata Kunci: Modul; Science, Environment, Techonogy, and Society (SETS); Jurnal Be/ajar. 11

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 03 Mar 2020 02:51
Last Modified: 03 Mar 2020 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25564

Actions (login required)

View Item View Item