Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 29 Padang.

lrham, Muhamad (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 29 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_MUHAMMAD_IRHAM_14029084_3813_2019.pdf

Download (486kB) | Preview

Abstract

Pemahaman Konsep Matematika peserta didik kelas VIII SMPN 29 Padang masih rendah. Hal ini terlihat pada saat observasi dan rendahnya nilai tes yang diberikan kepada peserta didik yang memuat indikator pemahaman konsep Matematika. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah pemahaman konsep Matematika pesertadidik yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check lebih baik daripada pemahaman konsep Matematika peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian adalah quasi-eksperimen dan deskriptif dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Only Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMPN 29 Padang tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian adalah kelas VIII.7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini yaitu tes pemahaman konsep Matematika. Tes akhir dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis tes akhir diperoleh P-value = 0,016, artinya Pemahaman Konsep Matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran tipe Pair Check lebih baik daripada Pemahaman Konsep Matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 03 Mar 2020 02:51
Last Modified: 03 Mar 2020 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25561

Actions (login required)

View Item View Item