Perbandingan Efektivitas Model Pembelajaran TGFU dan Inquiry Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Olahraga di SDN 01 Lubuk Alung Padang Pariaman

Syamsuar, Syamsuar and Abidin, Zainal (2016) Perbandingan Efektivitas Model Pembelajaran TGFU dan Inquiry Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Olahraga di SDN 01 Lubuk Alung Padang Pariaman. Jurnal Menssana, 1 (1). pp. 1-15. ISSN Print: 2527-6451 dan Online: 2622-0295

[img]
Preview
Text
pendandingan TGFU Syamsuar.pdf

Download (185kB) | Preview
Official URL: http://menssana.ppj.unp.ac.id/index.php/jm/article...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbezaan efektivitas motivasi dan hasil belajar kesegaran jasmani siswa kelas rendah antara model TGFU dengan kelas Inquiry di SDN 01 Lubuk Alung. Sampel penelitian adalah SD Negeri unggulan kelas V SDN 1 Lubuk Alung yang berjumlah 33 orang siswa. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, Angket, catatan lapangan dan wawancara. Analisa data penelitian menggunakan “sebaran frekuensi”, dan analisis Inferensial menggunakan uji independent t-test. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa 1) terdapat perbedaan signifikan motivasi belajar antara kelas TGFU dengan Kelas Inquiry di SDN 01 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman, 2) terdapat perbedaan signifikan hasil belajar kecergazan fizikal antara kelas TGFU dengan Kelas Inquiry di SDN 01 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman dengan nilai signfikan 0.000. Model inquiri dapat memberikan kegiatan mengajar dengan konsep induktif yang mengarahkan siswa untuk mengamati dan memecahkan masalah dari apa yang ditemukannya selama proses pembelajaran dengan menstimulasi siswa banyak mengamati, bertanya dan meneliti untuk kemudian cakap dan percaya diri dalam menyampaikan ide-ide kreatif, ide-ide berlatih yang benar dan menanamkan sifat disiplin dan sportif dalam Kecergasan Fizikal sehingga siswa cakap dalam berolah raga, percaya diri dan mampu bekerja sama dengan kelompok kerja serta mampu menguasai teknik memegang, memukul, melempar, menghindar bola dalam pembelajaran kecergasan fizikal permainan roundes

Item Type: Article
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 02 Mar 2020 07:26
Last Modified: 02 Mar 2020 07:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25560

Actions (login required)

View Item View Item