Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming terhadap Kemampuan Berpikir Kausalitas pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 4 Padang

Nofrita, Amelia (2019) Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming terhadap Kemampuan Berpikir Kausalitas pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 4 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_AMELIA_NOFRITA_15046082_6031_2019.pdf

Download (695kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan awal peneliti terkait kurangnya minat belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah sehingga siswa kurang mampu berpikir kausalitas pada mata pelajaran sejarah di SMA N 4 Padang, dalam hal ini dilihat dari kurangnya kemampuan siswa dalam berpikir kausalitas. Salah satu penyebabnya adalah metode pembelajaran yang digunakan guru yang kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan metode pembelajaran brainstorming terhadap kemampuan berpikir kausalitas pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 4 Padang. Penelitian rm menggunakan metode eksperimen dengan desain pretestposstes control group design.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Padang, sampel penelitian ini adalah Kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen danKelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol, yang diambil melalui random. Pengambilan data dilakukan dengan cara pretest dan postest dengan menggunakan perangkat soal esai sebanyak 10 butir soal. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t)). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-tata kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran dengan pendekatan metode pembelajaran brainstorming adalah 86,35 dengan standar deviasi 10,91 dan rata-rata dikelas kontrol yang menggunakan pembelajaran menggunakan metode diskusi adalah 71,33 dengan standar deviasi 12,58. Berdasarkan hasiluji hipotesis menggunakan uji-t (t-test) pada taraf nyata a = 0,05 diperoleh thitung = 5,33 dan ttabel = 2,000 sehingga thitung> ttabel maka hipotesis Ha pada penelitian ini diterima dan tolak Ho. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran brainstorming berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kausalitas di mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 4 Padang tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 03 Mar 2020 02:51
Last Modified: 03 Mar 2020 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25554

Actions (login required)

View Item View Item