Dominasi Perempuan sebagai Pencari Nafkah Utama dalam Keluarga Buruh Tani (Studi Kasus pada 5 Keluarga di Desa Batu Hampar Kecamatan Kayo Aro Barat Kabupaten Kerinci)

Artih, Resi Ebbi Dwi (2019) Dominasi Perempuan sebagai Pencari Nafkah Utama dalam Keluarga Buruh Tani (Studi Kasus pada 5 Keluarga di Desa Batu Hampar Kecamatan Kayo Aro Barat Kabupaten Kerinci). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_RESI_EBBI_DWI_ARTIH_15058045_5973_2019.pdf

Download (737kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang bentuk-bentuk dominasi perempuan sebagai pencari nafkah utama di dalam keluarganya di Desa Batu Hampar. Pendapatan suami yang rendah membuat perempuan bertanggungjawab pula terhadap pemenuhan kebutuhan ekonomi keluarganya bahkan hingga menjadi pencari nafkah utama dalam keluarga. Menjadi pencari nafkah utama membuat para perempuan menjadi memiliki rasa bahwa mereka lebih tinggi daripada suaminya, sehingga mereka menjadi lebih mendominasi dalam keluarganya. Penelitian ini menggunakan Teori Aksi yang dikemukakan oleh Talcott Parsons yang menjelaskan bahwa tindakan manusia muncul dari kesadarannya sendiri sebagai subjek dan dari situasi ekstemal dalam posisinya sebagai objek. Sebagai subjek manusia bertindak atau berperilaku untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe penelitian Studi Kasus. Untuk pemilihan informan dilakukan cara purposive sampling (sampel tujuan). Informan berjumlah 18 orang yang tediri dari 5 pasangan keluarga buruh tani dengan dominasi dalam keluarganya, 2 orang anak dari keluarga buruh tani, 3 orang tetangganya, 2 orang pemilik lahan yang memperkerjakan buruh tani perempuan, dan kepala Desa Batu Hampar. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan model interaktif analisis yang dikemukakan oleh Milles dan Huberman melalui langkah-langkah reduksi data, model data, dan kesimpulan/ verifikasi. Temuan di lapangan menunjukan bahwa terdapat beberapa bentuk dominasi oleh perempuan yang merupakan pemcari nafkah utama dalam keluarga buruh tani ini yaitu sebagai pengatur atau penentu keputusan terkait keuangan keluarga, sebagai perencana kegiatan keluarga, sebagai penentu keputusan terkait pendidikan anak dan sebagai pengatur kegiatan suami mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 03 Mar 2020 02:50
Last Modified: 03 Mar 2020 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25553

Actions (login required)

View Item View Item