Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik kelas VIII SMPN 3 Batusangkar.

Seli, Santi Sastika (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik kelas VIII SMPN 3 Batusangkar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_SANTI_SASTIKA_SELI_15029046_5642_2019.pdf

Download (619kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang diharapkan dapat dikuasai dengan baik oleh peserta didik. Namun pada kenyataannya, pemahaman konsep matematis peserta didik masih rendah. Hal ini juga terlihat di kelas VIII SMPN 3 Batusangkar. Salah satu penyebabnya adalah pembelajaran yang dilaksanakan belum mampu memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan pemahaman konsep matematisnya dengan baik. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatakan pemahaman konsep matematis peserta didik salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMPN 3 Batusangkar. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan penelitin Static Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 3 Batusangkar dengan sampel kelas VIII.3 dan VIII.4. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematis yang berbentuk soal essay yang dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh P-value = 0,027 kurang dari a = 0,05, artinya pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatiftipe Teams Games Tournament lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMPN 3 Batusangkar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 02 Mar 2020 03:07
Last Modified: 02 Mar 2020 03:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25545

Actions (login required)

View Item View Item