Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar IPA Terpadu Bermuatan Literasi Saintifik Tema Pemanfaatan Tekanan Pada Siswa Kelas VIII SMPN 31 Padang.

Sari, Devi Permata (2019) Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar IPA Terpadu Bermuatan Literasi Saintifik Tema Pemanfaatan Tekanan Pada Siswa Kelas VIII SMPN 31 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_DEVI_PERMATA_SARI_15033097_3320_2019.pdf

Download (718kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pendidikan abad ke-21 dimaksudkan untuk menciptakan manusia yang mempunyai pengetahuan dan keterampilan agar dapat bertahan di era globalisasi. Pembelajaran IPA terpadu dalam kurikulum 2013 seharusnya dapat dilaksanakan terpadu mencakup Fisika, Biologi, dan Kimia. Keterpaduan dalam pembelajaran IPA dimaksudkan untuk membuat pembelajaran lebih bermakna, praktis, realistis sehingga dapat meningkatkan literasi saintifik siswa. Namun, proses pembelajaran IPA terpadu saat ini masih belum sesuai dengan kondisi yang diharapkan. Solusi dari masalah adalah menggunakan bahan ajar IPA terpadu bermuatan literasi saintifik. Tujuan penelitian adalah untuk menyelidiki efek penggunaan bahan ajar IPA Terpadu bermuatan literasi saintifik tema pemanfaatan tekanan dalam pendekatan saintifik pada kelas VIII SMPN 31 Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen Semu dengan desain sebelum dan sesudah. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMPN 31 Padang Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian adalah kelas VIII 5 dengan menggunakan teknik sampling bertujuan. Instrumen penelitian terdiri dari lembar tes tertulis yang berbentuk pilihan ganda untuk menilai konteks saintifik, konsep saintifik dan proses saintifik. Teknik analisis data mencakup analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji perbandingan berkorelasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikemukakan bahwa penggunaan bahan ajar IPA Terpadu bermuatan literasi saintifik memberikan perbedaan berarti pada literasi saintifik siswa antara sebelum dan sesudah menggunakannya pada tema pemanfaatan tekanan pada kelas VIII SMPN 31 Padang. Adanya perbedaan yang berarti menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar IPA Terpadu bermuatan literasi saintifik tema pemanfaatan tekanan memberikan efek yang berarti terhadap konteks saintifik, konsep saintifik, dan proses saintifik siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 02 Mar 2020 01:46
Last Modified: 02 Mar 2020 01:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25542

Actions (login required)

View Item View Item