Kajian Tingkat Kepuasan Penumpang Terhadap Moda Trans Padang Menggunakan Customer Satisfaction Index dan Importance Performance Analysis.

Andari, Tri Mustika (2019) Kajian Tingkat Kepuasan Penumpang Terhadap Moda Trans Padang Menggunakan Customer Satisfaction Index dan Importance Performance Analysis. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_TRI_MUSTIKA_ANDRI_15030085_3550_2019.pdf

Download (617kB) | Preview

Abstract

Bus Trans Padang merupakan transportasi angkutan umum yang telah banyak digunakan oleh masyarakat Kota Padang. Adanya Bus Trans Padang sangat penting untuk mempermudahkan masyarakat Kota padang dalam beraktivitas. Namun, pelayanan Bus Trans Padang masih memiliki kendala seperti sarana dan prasarana yang kurang memadai serta masih terdapatnya kesenjangan kualitas pelayanan yang diberikan pihak Bus Trans Padang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat kepuasan (kinerja) terhadap kualitas pelayanan yang diberikan Moda Trans Padang dan mengetahui atribut apa yang hams ditingkatkan dan dipertahankan. Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan. Populasi dalam penelitian ini adalahpenumpang yang minimal 3 kali naikBus Trans Padang serta umur responden lebih dari 15 tahun dan sampel berjumlah 100 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Data diperoleh dengan cara penyebaran kuesioner yang terdiri dari 27 item pemyataan. Data yang diperoleh diolah menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan basil Customer Satisfaction Index (CSI) indeks kepuasan pasien sebesar 80,00%. Berarti nilai tersebut berada pada rentang nilai CSI diantara 66%-80,99% berarti penumpang merasa puas atas kinerja Bus Trans Padang.Berdasarkan hasil Importance Performance Analysis (IPA) atribut-atribut layanan yang perlu ditingkatkan sepertihalte aman dari kriminalitas.Atribut yang hams dipertahankan kompetensi supir dalam mengemudi baik, atribut tersebut hams dipertahankan karena kinerja dari Bus Trans Padang sudah sesuai dengan harapan penumpang. Kata Kunci: Kepuasaan Penumpang,CSI, IPA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 02 Mar 2020 01:46
Last Modified: 02 Mar 2020 01:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25537

Actions (login required)

View Item View Item