Pembuatan Dye Sensitized Solar Cell (DSSC) menggunakan Substrat Kaea dan Ekstrak Bunga Rosella (Hibiscus sabdarif.fa L) sebagai Dye-Sensitizer.

Hasanah, Uswatun (2019) Pembuatan Dye Sensitized Solar Cell (DSSC) menggunakan Substrat Kaea dan Ekstrak Bunga Rosella (Hibiscus sabdarif.fa L) sebagai Dye-Sensitizer. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_USWATUN_HASANAH_15036016_2459_2019.pdf

Download (525kB) | Preview

Abstract

Dye Sensitezed Solar Cell (DSSC) merupakan suatu perangkat sel surya berbasis fotoelektrokimia yang dapat merubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Kinerja sel terutama tergantung pada pewama yang digunakan sebagai dye sensitizer. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi larutan zat wama dan pengaruh lama waktu perendaman terhadap nilai konversi energi surya menjadi energi listrik serta nilai efesiensi DSSC yang dihasilkan. Pada penelitian ini digunakan ZnO yang dilapiskan pada kaca GMR dan sebagai penyerap foton digunakan dye dari ekstrak bunga rosella. Sel direndam dalam larutan zat wama dengan variasi konsentrasi larutan 10%, 20%, 30%, 40%, 50 dan variasi lama waktu perendaman selama 1 jam, 2 jam, 3 jam, 4 jam, 5 jam. Sel dirakit dengan struktur sandwich dan dilakukan pengukuran efesiensi dari sel surya menggunakan multimeter dan menggunakan lampu UV 24 watt Karakterisasi absorbsi cahaya menggunakan UV-Vis diketahui bahwa antosianin dapat menyerap cahaya pada panjang gelombang 540 nm. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan DSSC berhasil mengkonversi energi surya menjadi energi listrik dimana dengan variasi konsentrasi didapatkan efesiensi maksimum sebesar 0,249% pada konsentrasi larutan zat wama 50% dan efesiensi maksimum yang dihasilkan dengan variasi lama waktu perendaman sebesar 0,475% dengan lama waktu perendaman selama 5 jam. Kata Kunci : DSSC, Rosella, FTIR, UV-Vis, GMR.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 02 Mar 2020 01:45
Last Modified: 02 Mar 2020 01:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25533

Actions (login required)

View Item View Item