Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Solok.

Kephi, Trio (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_TRIO_KEPHI_15029059_5555_2019.pdf

Download (733kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika yang hams dimiliki oleh peserta didik. Namun berdasarkan hasil tes yang dilakukan di SMP Negeri 2 Kota Solok diperoleh pemahaman konsep matematis peserta didik masih rendah. Hal ini dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Tujuan penelitian ini adalah membandingkan dan mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatiftipe TAI dan membandingkan apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Solok. J enis penelitian ini adalah eksperimen semu dan deskriptif dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII 3 - VIII 11 SMP Negeri 2 Kota Solok dengan sampel kelas VIII 3 dan VIII 4. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuis yang diberikan setiap pertemuan untuk melihat perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik di kelas eksperimen dan tes pemahaman konsep yang berbentuk soal esai untuk membandingkan pemahaman konsep peserta didik kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Berdasarkan analisis data hasil kuis terdapat peningkatan pada setiap indikator pemahaman konsep matematis kecuali indikator 3 dan 4. Dari hasil analisis tes pemahaman konsep matematis diperoleh bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan melakukan uji-t diperoleh P-value = 0,003 karena P-value < a maka HO ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik daripada peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Solok. Dalam hal ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 02 Mar 2020 01:45
Last Modified: 02 Mar 2020 01:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25531

Actions (login required)

View Item View Item