Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 4 Sutera Kah. Pesisir Selatan.

Putri, Wiwy Pratama (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 4 Sutera Kah. Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_WIWY_PRATAMA_PUTRI_1301350_5165_2019.pdf

Download (703kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematika merupakan kemampuan dasar yang harus dimilki peserta didik. Faktanya, peserta didik kelas IX SMPN 4 Sutera Kah. Pesisir Selatan kemampuan pemahaman konsep matematikanya masih rendah. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan model pemhelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (ST AD). Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik meggunakan model pemhelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang pernbelajarannya menggunakan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMPN 4 Sutera Kah. Pesisir Selatan tahun pelajaran 2019/2020. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling, dengan kelas IX 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX 2 sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian ini adalah kuis dan tes akhir pemahaman konsep matematika. Data nilai kuis digunakan untuk melihat perkembangan nilai kuis tipa pertemuan dan tes akhir berupa esai digunakan untuk melihat kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik. Pengujian hipotesis menggunakan Uji t. Berdasarkan analisis data nilai kuis cenderung mengalami peningkatan selama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Berdasarkan analisis tes akhir diperoleh P-value yaitu 0,021 kurang dari a= 0,05. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika yang belajar dengan model pemhelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung. Kata kunci - pemahaman konsep matematika, model pemhelaj aran kooperatif, model pembelajaran kooperatiftipe STAD dalam pembelajaran matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 02 Mar 2020 01:45
Last Modified: 02 Mar 2020 01:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25527

Actions (login required)

View Item View Item