Efektivitas Penggunaan Media Permainan Viar Tangga Kimia Pada Materi Koloid Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Sumatera Barat.

Rahmadani, Ananda (2019) Efektivitas Penggunaan Media Permainan Viar Tangga Kimia Pada Materi Koloid Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_LENI_RAHAYU_15030007_3549_2019.pdf

Download (728kB) | Preview

Abstract

Pnelitian ini dilatarbelakangi oleh tersedianya permainan ular tangga kimia pada materi koloid yang belum diuji efektivitasnya terhadap basil belajar siswa. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menentukan tingkat efektivitas penggunaan permainan ular tangga kimia pada materi koloid terhadap basil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Sumatera Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIP A SMAN 1 Sumatera Barat. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga terpilih kelas XI MIP A 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIP A 3 sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian ini adalah tes basil belajar dengan memberikan pretest dan posttest berupa tes objektif dengan 5 pilihan jawaban sebanyak 25 butir soal yang diambil dari 40 soal yang telah diujicobakan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji N-Gain dan uji kesamaan dua rata-rata (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan basil belajar yang Iebih tinggi terjadi di kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dan kontrol masing-masing sebesar 83,65 dan 74,47. Hal ini juga dibuktikan dengan rata- rata uji N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,757 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,618 dengan kategori sedang, serta didukung oleh uji hipotesis yang dilakukan dengan uji-t, yaitu thitung (4,3027) > ttabel (1,668) pada taraf nyata a= 0,05 dengan dk=66 dan peluang to.ss. Hal ini menandakan hipotesis diterima. Keywords: efektivitas, media permainan ular tangga kimia, koloid, basil belajar, n-gain, uji-t

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 02 Mar 2020 01:45
Last Modified: 02 Mar 2020 01:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25524

Actions (login required)

View Item View Item