Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Terintegrasi Kesehatan Reproduksi Remaja untuk Kelas XI SMA

Apriliza, Azizah (2019) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Terintegrasi Kesehatan Reproduksi Remaja untuk Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_AZIZAH_APRILIZA_14031002_3702_2019.pdf

Download (734kB) | Preview

Abstract

Masa remaja merupakan masa transisi yang dapat menimbulkan berbagai persoalan, salah satunya adalah masalah kesehatan reproduksi. Masalah disebabkan oleh kurangnya pengetahuan remaja mengenai kesehatan reproduksi. Berdasarkan permasalahan nyata pada kehidupan sehari-hari peserta didik harus dapat menyusun pengetahuannya sendiri dalam memecahakan masalah dan mengupayakan solusinya, model pembelajaran yang dapat digunakan salah satunya adalah Problem Based Learning. Salah satu fasilitas yang digunakan sebagai penunjang pembelajaran adalah LKPD. Berdasarkan hal tersebut, penelitian dilakukan dengan tujuan menghasilkan LKPD berbasis Poblem Based Learning pada materi sistem reproduksi manusia terintegrasi kesehatan reproduksi remaja untuk kelas XI SMA yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan Model pengembangan Plomp (2013) terdiri dari tahap investigasi awal (preliminary research), tahap pengembangan atau tahap pembuatan prototype (development or prototyping phase), dan tahap penilaian (assessment phase). Subjek penelitian yaitu 2 orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP, 1 orang guru biologi dan 32 orang peserta didik Kelas XI SMAN 4 Padang. Data dalam penelitian merupakan data yang diperoleh dari angket uji validitas dan uji praktikalitas. Data ini termasuk data primer, yaitu data yang diperoleh secara langsung dari subjek penelitian. Dari penelitian, dihasilkan LKPD berbasis Poblem Based Learning pada materi sistem reproduksi manusia terintegrasi kesehatan reproduksi remaja yang dikategorikan sangat valid dengan nilai 4,55 dan sangat praktis dengan nilai 4,33 oleh guru dan sangat praktis dengan nilai 4,45 oleh peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Poblem Based Learning pada materi sistem reproduksi manusia terintegrasi kesehatan reproduksi remaja untuk kels XI SMA yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid dan sangat praktis. Keywords: LKPD, Problem Based Learning, Sistem Reproduksi Manusia, Kesehatan Reproduksi Remaja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 28 Feb 2020 03:44
Last Modified: 28 Feb 2020 03:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25522

Actions (login required)

View Item View Item