Cara Belajar Siswa Tunanetra Dalam Pembelajaran Matematika Kelas X Di SMK Negeri 7 Padang

Aulia, Weni Putri (2019) Cara Belajar Siswa Tunanetra Dalam Pembelajaran Matematika Kelas X Di SMK Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_WENI_ PUTRI_AULIA_15003074_5270_2019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai cara belajar siswa tunanetra dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya cara belajar siswa tunanetra tanpa menggunakan catatan saat belajar dan tergantung kepada Guru Pembimbing Khususnya sehingga dia tidak mandiri belajar dikelas terutama dalam pembelajaran matematika. Dilihat dari rapomya, nilai matematikanya mencapai Ketuntasan Belajar (KB). Peneliti tertarik untuk mendalami cara belajar yang dilakukan siswa tunanetra tersebut. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode studi kasus. Studi kasus adalah penelitian yang dilakukan secara mendalam terhadap objek yang diteliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa tunanetra yang berinisial F. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan indera yang masih berfungsi dalam pembelajaran matematika dimana F hanya mengandalkan indera pendengarannya saja. Mengenai alat bantu dan media yang digunakan F tidak menggunakan alat bantu dalam belajar matematika dan media yang digunakan pun tidak ada baik dari guru maupun dari siswa tunanetra itu sendiri. Peran pihak lain sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran matematika bagi siswa tunanetra tersebut, kerena F sangat tergantung kepada GPK nya. Keterampilan belajar yang digunakan F mengenai penjadwalan belajar, F tidak menjadwalkan belajamya secara khusus, F merekam materi pelajaran melalui rekaman yang diberikan oleh GPK nya. F selalu aktif saat belajar matematika. F dibantu oleh Guru Pendamping Khusus saat membuat tugas maupun ujian. Kendala F dalam belajar matematika mengenai gambar, karena keterbatasan penglihatan F hanya dapat mengetahui gambar melalui penjelasan. Harapan terhadap cara belajar F yaitu agar F bisa menulis tulisan braille, supaya bisa mandiri saat belajar dan tidak terns bergantung kepada Guru Pembimbing Khusus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 28 Feb 2020 03:21
Last Modified: 28 Feb 2020 03:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25521

Actions (login required)

View Item View Item