Hubungan Pola Asuh Orang tua dengan Perkembangan Sosial Anak di Jorong Kampung VII Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman

Sari, Sisri Landa (2019) Hubungan Pola Asuh Orang tua dengan Perkembangan Sosial Anak di Jorong Kampung VII Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
7_SISR_ LANDA_SARI_15022037_5847_2019.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena anak kurang matang dalam bersosialisasi dengan temannya, kurang kreatif dan inisiatif karena takut salah, kurang tegas membedakan mana yang baik dan buruk, suka menyendiri, ragu-ragu, sering menganggu teman dalam bertindak atau takut mengambil keputusan karena takut dimarahi serta belum mampu berkomunikasi secara efektif dengan teman sebayanya. Penelitian ini bertujuan untuk: ( 1) mendeskripsikan pola asuh orangtua, (2) mendeskripsikan perkembangan sosial anak, dan (3) menguji hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan sosial anak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif korelasional. Orang tua yang mempunyai anak berusia 4-6 tahun di Jorong kampung VII Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman yang berjumlah 61. Jumlah sampel sebanyak 53 orang dipilih dengan menggunakan rumus Slovin. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket pola asuh orang tua dan angket perkembangan sosial anak. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan teknik Pearson Product Moment dengan bantuan program SPSS For Windows 20.0. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) pola asuh orang tua berada pada kategori sedang (2) perkembangan sosial anak berada pada kategori sedang, dan (3) terdapat hubungan signifikan antara pola asuh orangtua dengan perkembangan sosial anak dengan koefisien korelasi 0,350 yang berada pada taraf signifikansi 0,010 dengan tingkat hubungan sangat kuat. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan orang tua untuk dapat memilih dan menggunakan pola asuh yang baik, tepat, dan seimbang, serta dapat memberi dampak dan kontribusi yang baik terhadap perkembangan sosial anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 28 Feb 2020 03:21
Last Modified: 24 Jul 2021 09:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25517

Actions (login required)

View Item View Item