Strategi DP3AP2KB dalam Memberikan Pencegahan dan Perlindungan Korban Sodomi terhadap Siswa Sekolah Dasar di Kota Padang

Anggun, Anggun (2019) Strategi DP3AP2KB dalam Memberikan Pencegahan dan Perlindungan Korban Sodomi terhadap Siswa Sekolah Dasar di Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_ANGGUN_15042103_5084_2019.pdf

Download (517kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan strategi dan upaya dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Padang dalam memberikan pencegahan dan perlindungan korban sodomi terhadap siswa Sekolah Dasar di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Informan pada penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling, beberapa informan penelitian yaitu Kepala Bidang Perlindungan Hak Perempuan dan Perlindungan Khusus Anak yang berada di Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) dan Dinas Pendidikan Kota Padang. Uji keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber. Teknik analisis data diperoleh dari wawancara dan diinterpretasikan secara kualitatif, berupa abstrak, kata-kata dan pemyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi dan upaya Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Padang dalam memberikan pencegahan dan perlindungan korban sodomi terhadap siswa Sekolah Dasar di Kota Padang dapat dikatakan sudah sistematis dalam perencanaan dan berusaha maksimal dalam meminimalisir kasus. Dilihat dari strategi yang digunakan umumnya sudah terencana dan sistematis sesuai tahapan, namun ada beberapa strategi yang digunakan belum komprehensif, disebabkan strategi pencegahan dan strategi perlindungan diberikan hanya sebatas pada perangkat sekolah. Sosialisasi yang dilakukan oleh Dinas P3AP2KB Kota Padang terkesan dilakukan untuk Sekolah Dasar yang memiliki permasalahan yang berat. Dinas P3AP2KB Kota Padang juga melakukan kerjasama dan berkoordinasi dengan beberapa instansi seperti dari pihak sekolah, Dinas Pendidikan Kota Padang, dan mendapatkan bantuan dari Dinas Kesehatan Kota Padang dan pihak kepolisian Kota Padang. Selain itu, Dinas P3AP2KB Kota Padang melakukan pendekatan emosional kepada pihak sekolah yang menutupi kasus kekerasan seksual yang terjadi di sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Feb 2020 03:21
Last Modified: 21 Aug 2023 06:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25512

Actions (login required)

View Item View Item