Pengembangan Modul Tata Nama Senyawa Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Teknik Probing Promting untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA.

Zulnata, Charles (2019) Pengembangan Modul Tata Nama Senyawa Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Teknik Probing Promting untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_CHARLES_ZULNATA_17176002_4112_2019.pdf

Download (620kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk rnenghasilkan rnodul tata narna senyawa kirnia berbasis pendekatan saintifik dengan teknik probing promting dan rnenentukan tingkat validitas, praktikalitas serta efektivitas rnodul. Penelitian ini termasuk penelitian pengernbangan dengan rnenggunakan model pengernbangan Plornp yang rnerniliki tiga tahapan yaitu tahap investigasi awal (preliminary research phase), tahap pernbuatan prototipe (prototyping phase) dan tahap penilaian (assessment phase). Pada tahap pernbuatan prototipe dilakukan evaluasi sendiri (self evaluation), penilaian ahli (expert review), evaluasi perorangan (one-to-one evaluation), evaluasi kelornpok kecil (small group evaluation), sedangkan tahap penilaian dilakukan rnelalui uji lapangan (field test) di 2 sekolah yaitu SMAN 1 Pancung soal dan SMAN 1 Airpura. Instrurnen penelitian yang digunakan yaitu angket dalarn bentuk lernbar validitas dan praktikalitas, soal bentuk objektif dan soal berpikir kritis. Hasil praktikalitas oleh siswa pada kelornpok kecil dengan rata- rata 0,86 dan prakriktikalitas oleh guru rata- rata 0,89 pada uji lapangan diperoleh sangat tinggi. Hasil uji hipotesis rnenunjukkan perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperirnen dan kontrol pada sekolah dengan kernarnpuan siswa yang tinggi, sedangkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada sekolah dengan kernarnpuan siswa yang rendah. Hasil uji hipotesis rnenunjukkan perbedaan yang signifikan antara kernarnpuan berpikir kritis kelas eksperirnen dan kontrol, baik pada sekolah dengan kernarnpuan siswa yang tinggi rnaupun rendah. Kata Kunci: Modul, Tata Narna Senyawa, Pendekatan Saintifik, Teknik Probing Promting, Berpikir Kritis, Model Pengernbangan Plornp. 1

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 28 Feb 2020 00:24
Last Modified: 28 Feb 2020 00:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25499

Actions (login required)

View Item View Item