Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik pada Materi Pemanasan Global di SMPN 1 Salimpaung.

Fitri, Ladiatul (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik pada Materi Pemanasan Global di SMPN 1 Salimpaung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_LADIATUL_FITRI_15031070_3352_2019.pdf

Download (596kB) | Preview

Abstract

Salah satu masalah yang terdapat di SMPN 1 Salimpaung adalah model pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik dan efektif untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatiftipe time token terhadap kompetensi belajar peserta didik pada materi sistem pemapasan manusia kelas VII di SMPN 1 Salimpaung. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian randomized control group posttest only design. Populasi pada penelitian ini seluruh kelas VII di SMPN 1 Salimpaung yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Sampel pada penelitian ini kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan VII.2 sebagai kelas kontrol yang dipilih melalui teknik saturation sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal posstest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian rata-rata nilai kompetensi pengetahuan kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 82.00 sedangkan untuk kelas kontrol 75.90 (thitung 2.78>ttabel 1.68), rata-rata nilai kompetensi sikap kelas eksperimen 83.80 (thitung 6.47>ttabel 1.68), sedangkan kelas kontrol 75.90, dan rata-rata nilai kompetensi keterampilan kelas eksperimen 87.70, sedangkan kelas kontrol 83.50 (thitung 1.75 >ttabel 1.68). Kesimpulan penelitian adalah model pembelajaran kooperatif tipe time token memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik SMPN 1 Salimpaung. Kata kunci: Time Token, Kompetensi Be/ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 28 Feb 2020 00:24
Last Modified: 28 Feb 2020 00:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25495

Actions (login required)

View Item View Item