Pengembangan Modul Berorientasi Chemistry Triangle pada Materi Sistem Koloid untuk Pembelajaran Kimia Kelas XI Tingkat SMA/MA.

Wahyuni, Melysa Dwi (2019) Pengembangan Modul Berorientasi Chemistry Triangle pada Materi Sistem Koloid untuk Pembelajaran Kimia Kelas XI Tingkat SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_ MELYSA_DWI_WAHYUNI_1301752_5533_2019.pdf

Download (669kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul berorientasi chemistry triangle pada materi sistem koloid, serta mengungkapkan tingkat validitas dan praktikalitas modul yang dihasilkan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan pendidikan atau Educational Design Research (EDR) dengan model pengembangan yaitu model Plomp. Penelitian dengan model pengembangan Plomp terdiri dari tiga tahapan yaitu penelitian pendahuluan (preliminary research), pembentukan prototipe (prototyping stage), dan tahap penilaian (assessment phase). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket validitas dan praktikalitas. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan formula Kapppa Cohen. Lembar validasi modul berorientasi chemistry triangle diberikan kepada 5 orang validator yang terdiri dari 2 orang dosen kimia dan 3 orang guru kimia SMA, sedangkan lembar praktikalitas diberikan kepada 3 orang guru kimia, 6 orang siswa kelas XII MIA 3 SMAN 8 Padang pada uji coba kelompok kecil (small group) dan 29 orang siswa kelas XII MIA 2 SMAN 8 Padang pada uji lapangan (field test). Berdasarkan analisis angket validitas diperoleh tingkat kevalidan dari modul berada pada kategori sangat tinggi dengan nilai momen kappa sebesar 0,87. Tingkat kepraktisan berdasarkan angket respon guru berada pada kategori sangat tinggi dengan nilai momen kappa sebesar 0,86, berdasarkan angket respon siswa pada uji coba kelompok kecil (small group) tingkat kepraktisan berada pada kategori tinggi dengan momen kappa 0,79, dan dan kepraktisan pada uji coba lapangan (field test) juga berada pada kategori tinggi dengan nilai momen kappa sebesar 0,73. Kata kunci: Modul, Chemistry Triangle, Sistem Koloid, Model Plomp.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 28 Feb 2020 00:24
Last Modified: 28 Feb 2020 00:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25494

Actions (login required)

View Item View Item