Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Melalui Media Game Edukasi Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas V Di SLB Perwari Padang.

Afriyanti, Dian (2019) Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Melalui Media Game Edukasi Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas V Di SLB Perwari Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_DIAN_AFRIYANTI_15003008_5626_2019.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kemampuan membaca kata bagi anak tunagrahita kategori ringan. Diawali dengan study pendahuluan yang dilakukan di SLB Perwari Padang yang berada di kelas V/C1, dimana satu siswa berinisial MI yang mengalami permasalahan dalam membaca kata. Terlihat saat peneliti melakukan pengamatan pada satu kelas dimana terdapat tiga orang siswa. Saat melakukan proses identifikasi di kelas IV/C1 tersebut, penulis menemukan seorang siswa yang berinisial MI yang mengalami kesulitan membaca kata. Penelitian ini merupakan penelitian Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Kondisi baseline (A1) yaitu kemampuan awal anak dalam membaca kata sebelum diberikan intervensil perlakuan. Kondisi intervensi (B) dimana anak diberikan intervensil perlakuan dengan menggunakan media game edukasi, sedangkan baseline (A2) kemampuan anak setelah diberikan intervensi! perlakuan. Target behavior dalam penelitian ini adalah anak mampu dalam membaca kata. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis visual dan grafik (Visual Analisis Of Grafic Data). Pada awal kondisi baseline (A1) untuk meningkatkan kemampuan membaca kata dengan mean level yaitu 13, pada kondisi intervensi (B) dengan mean level 65 dan pada kondisi baseline (A2) dengan mean level 88,75. Hasil analisis data dalam kondisi dan antar kondisi memiliki estimasi kecendrungan arah, kecendrungan stabilitas, jejak data dan perubahan level yang menunjukkan peningkatan kemampuan membaca kata mengunakan media game edukasi yaitu meningkat/positif. Persentase Over/ape data pada kondisi baseline (A1) 0%, dan kondisi baseline (A2) adalah 3 7 ,5%. Dengan demikian hipotesis diterima, berarti media game edukasi dapat meningkatkan kemampuan membaca kata bagi anak tunagrahita ringan kelas V/C1 di SLB Perwari Padang. Peneliti menyarankan pada guru hendaknya dapat mengunakan media game edukasi untuk meningkatkan kemampuan membaca kata bagi anak tungrahita ringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 27 Feb 2020 07:02
Last Modified: 27 Feb 2020 07:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25492

Actions (login required)

View Item View Item