Strategi Pembelajaran Mata Pelajaran IPS Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Parilla Ilmi Kota Padang

Asmarita, Asmarita (2020) Strategi Pembelajaran Mata Pelajaran IPS Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Parilla Ilmi Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
4_ASMARITA_15005061_5371_2019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya basil belajar warga belajar dalam pembelajaran IPS program pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Parilla Ilmi Tabing Kota Padang. Hal ini diduga karena Tutor menggunakan strategi pembelajaran yang baik pada kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) rnelihat gambaran penggunaan metode pembelajaranpada mata pelajaran IPS program pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Parilla Ilmi, (2) melihat gambaran pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran IPS program pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Parilla Ilmi, (3) melihat gambaran penggunaan pendekatan pembelajaranpada mata pelajaran IPS program pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Parilla Ilmi, (4) melihat gambaran pemanfaatan sumber belajarpada mata pelajaran IPS program pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Parilla Ilmi. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitati£ Populasi pada penelitian ini ialah warga belajar Program Paket C tahun 2018/2019 di PKBM Parilla Ilmi berjumlah 48 orang. Teknik penarikan sampel menggunakan metode stratified sampling. Sampel diambil sebanyak 33 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Sedangkan alat pengumpulan data ialah kuisioner. Teknik analisis data menggunakan rumus frekuensi dan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) metode pembelajaranpada mata pelajaran IPS program pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Parilla Ilmi dikategorikan sangat baik, (2) pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran IPS program pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Parilla Ilmi dikategorikan sangat baik, (3) penggunaan pendekatan pembelajaranpada mata pelajaran IPS program pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Parilla Ilmi dikategorikan sangat baik, (4) pemanfaatan sumber belajarpada mata pelajaran IPS program pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Parilla Ilmi dikategorikan sangat baik. Adapun saran yang diberikan yaitu (1) kepada pengelola lembaga, agar senantiasa memfasilitasi Tutor dalam pelaksanaan pembelajaran terkhususnya pada mata pelajaran IPS, (2) kepada Tutor, hendaknya dapat mempertahankan penggunaan strategi pembelajaran yang efektif dalam mata pelajaran IPS, (3) kepada peneliti selanjutnya, agar meneliti variabel lain yang berhubungan dengan basil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 07:08
Last Modified: 05 Apr 2021 07:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25491

Actions (login required)

View Item View Item