Pembuatan Tool Modeling Eksperimen Pesawat Atwood Memanfaatkan Analisis Video Tracker dengan Pengaturan Jatuh Beban Otomatis.

Pratiwi, Trisna (2019) Pembuatan Tool Modeling Eksperimen Pesawat Atwood Memanfaatkan Analisis Video Tracker dengan Pengaturan Jatuh Beban Otomatis. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_TRISNA_PRATIWI_15034055_5581_2019.pdf

Download (857kB) | Preview

Abstract

Fisika merupakan suatu ilmu pengetahuan eksperimental. Melalui kegiatan eksperimen banyak fenomena fisika yang dapat diamati, seperti fenomena dinamika gerak. Salah satu fenomena dinamika gerak yang dapat dilakukan adalah percobaan Pesawat Atwood. Dari hasil observasi diketahui bahwa percobaan Pesawat Atwood masih dilakukan secara manual, yaitu menggunakan mistar dan stopwatch untuk menentukan kecepatan dan percepatan jatuh benda. Alat eksperimen yang masih manual membuat terkandalanya percobaan pesawat atwood, karena tidak efektif saat digunakan. Salah satu solusi untuk mengatasiini yaitu dengan menggunakan software tracker. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan spesifikasi performansi tool modeling pesawat atwood, menentukan spesifikasi desain tool modeling pesawat atwood, mengetahui pengaruh perubahan ketinggian benda, dan mengetahui pengaruh perubahan massa benda . Penelitian ini merupakan jenis penelitian rekayasa. Penelitian rekayasa adalah suatu kegiatan perancangan (design) yang didalamnya melibatkan hal-hal yang relatif baru,baik dalam bentuk proses maupun produk atau prototip.Pengumpulan data dilakukan dengan dua cara yaitu melalui pengukuran secara langsung dan secara tidak langsung. Hasil pengukuran langsung dari penelitian ini adalah nilai massa benda dan ketinggian yang didapat kelentukan yang didapat dan hasil pengukuran secara tak langsung adalah nilai percepatan jatuh benda, kecepatan dan tegangan tali pada analisis video software tracker. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikemukakan empat hasil penelitian. Pertama hasil spesifikasi performansi yaitu sebuah tool modeling pesawat atwood berukuran 160 cm dengan pengontrolan jatuh beban otomatis. Kedua hasil spesifikasi desain yaitu berupa nilai ketepatan adalah 0,99 dan nilai ketelitian adalah 0,98. Ketiga hasil pengaruh perubahan ketinggian adalah terjadi perubahan nilai kecepatan. Perubahan ketinggian benda berbanding lurus dengan nilai kecepatan, semakin besar ketinggian benda masa nilai kecepatan juga semakin besar. Keempat hasil pengaruh perubahan massa beban adalah terjadi perubahan nilai kecepatan, percepatan dan nilai tegangan tali. Penambahan masaa beban akan berbanding lurus dengan perubahan nilai kecepatan, nilai percepatan dan nilai tegangan tali. Semakin besar massa beban yang digunakan, maka semakin besar nilai kecepatan, percepatan dan tegangan tali. Kata Kunci :Physics Experiment.Pesawat Atwood, Video Analysis, Tracker

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 27 Feb 2020 07:02
Last Modified: 27 Feb 2020 07:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25488

Actions (login required)

View Item View Item