Hubungan Kematangan Emosi dengan lnteraksi Sosial Siswa SMP 1 Ranah Batahan

Mulia, Sri wahyuni (2019) Hubungan Kematangan Emosi dengan lnteraksi Sosial Siswa SMP 1 Ranah Batahan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_SRI_WAHYUNI_MULIA_15006075_5961_2019.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena banyaknya siswa yang tidak bisa berinteraksi dengan baik di sekolah, tidak merespon dengan baik saat diajak bergabung dengan teman-temannya, bahkan siswa mengungkapkan dengan kemarahan, mengeluarkan kata-kata kasar, dan kekerasan sekalipun. Kematangan emosi merupakan kemampuan individu untuk dapat menggunakan emosinya dengan baik dan kecendrungan untuk menanggapu segala sesuatu dengan emosi yang matang. Salah satu faktor yang mempengaruhi kematangan emosi adalah intraksi sosial. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kematangan emosi siswa, (2) mendeskripsikan interaksi sosial siswa, (3) menguji hubungan antara kematanga emosi siswa dengan interaksi sosial siswa SMP N 1 Ranah Batahan. Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif korelasional dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP N 1 Ranah Batahan. Jumlah sampel sebanyak 157 siswa dipilih dengan menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kematangan emosi dan angket interaksi sosial. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan teknik Product Moment Correlational dengan bantuan program SPSS For Windows 20.0 Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) kematangan emosi siswa berada pada kategori matang, (2) interaksi sosial siswa berada pada kategori baik, dan (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kematangan emosi dengan ineraksi sosial siswa dengan nilai r hitung sebesar 0,613. Hal ini menunjukkan bahwa nilai r hitung > r tabel (0, 156). Berdasarkan temuan penelitian, disarankan kepada konselor untuk dapat memberikan berbagai layanan bimbingan dan konseling antara lain layanan informasi, layanan konseling perorangan, layanan bimbingan kelompok dan layanan konseling kelompok kepada siswa, agar dapat membantu untuk meningkatkan kematangan emosi siswa dan interaksi pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 27 Feb 2020 07:02
Last Modified: 27 Feb 2020 07:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25487

Actions (login required)

View Item View Item