Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kasus Penyakit Pneumonia pada Balita di Provinsi Sumatera Barat Menggunakan Regresi Spasial.

Yelva, Agustina (2019) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kasus Penyakit Pneumonia pada Balita di Provinsi Sumatera Barat Menggunakan Regresi Spasial. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_AGUSTIN_YELVA_16037003_5638_2019.pdf

Download (737kB) | Preview

Abstract

Penyakit pneumonia merupakan penyebab utama kematian anak dalam setiap wilayah dan menjadi penyebab kematian kedua setelah diare. Penyakit pneumonia merupakan penyakit yang dapat menular melalui virus, bakteri dan jamur. Penularan penyakit pneumonia seperti virus diduga menyebar dari satu lokasi ke lokasi lainnya yang berdekatan sehingga kemungkinan untuk kedekatan lokasi mempengaruhi jumlah kasus penyakit pneumonia. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk model regresi spasial, mengetahui faktor yang paling dominan mempengaruhi penyakit pneumonia, dan mengetahui efek spasial kasus penyakit pneumonia di Provinsi Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Pada penelitian ini yang menjadi variabel terikatnya (Y) yaitu data persentase kasus penyakit pneumonia pada balita di Provinsi Sumatera Barnt dan variabel bebasnya (X) terdiri dari data persentase bayi bcrat badan lahir rendah, persentase kepadatan penduduk, persentase balita gizi buruk, persentase rumah tangga berperilaku hidup bersih dan sehat, persentase balita yang mendapat vitamin A, persentase rumah sehat, dan persentase pelayanan kesehatan. Analisis yang digunakan yaitu analisis Regresi Spasial menggunakan pendekatan area yaitu model Spatial Autoregressive Model (SAR) dan Spatial Error Model (SEM). Berdasarkan hasil analisis diperoleh model dari faktor-faktor yang mempengaruhi kasus penyakit pneumonia pada balita di Provinsi Sumatera Barnt menggunakan analisis regresi spasial yaitu model Spatial Error Model (SEM) model yang diperoleh adalah: Yi= 2.442 + 0.991X1 + 0.8447X2 - 0.070X4 - 0.111X5 + 0.036X6 + 0.105X7 - 0.954 Wu dengan demikian faktor-faktor dominan yang mempengaruhi kasus penyakit pneumonia pada balita di Provinsi Sumatera Barat adalah bayi berat badan lahir rendah (X1), kepadatan penduduk (X2), rumah tangga berperilaku hidup bersih dan sehat (X4), balita yang mendapat vitamin A (X5), rumah sehat (X6) dan pelayanan kesehatan (X6), dan nilai interaksi spasial antar kabupaten/kota memiliki kemiripan karakteristik sebesar 0.954. Kata Kunci : Penyakit Pneumonia, Regresi Spasial, SEM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 27 Feb 2020 02:02
Last Modified: 27 Feb 2020 02:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25478

Actions (login required)

View Item View Item