Pengembangan Modul Larutan Penyangga Berbasis Guided Discovery dengan Menggunakan Tiga Level Representasi Kimia untuk Kelas XI SMA.

Dewara, Nadya (2019) Pengembangan Modul Larutan Penyangga Berbasis Guided Discovery dengan Menggunakan Tiga Level Representasi Kimia untuk Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_NADYA_DEWARA_15035034_2711_2019.pdf

Download (528kB) | Preview

Abstract

Materi larutan penyangga merupakan materi pelajaran kimia SMA kelas XI semester 2. Pembelajaran saat ini menggunakan pendekatan santifik yang dapat diisi dengan berbagai model pembelajaran salah satunya adalah guided discovery. Kemampuan dalam menghubungkan ketiga level representasi kimia menjadi hal yang penting dalam mempelajari kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul larutan penyangga berbasis guided discovery dengan menggunakan tiga level representasi kimia dan menguji validitas dan praktikalitas modul yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dan model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dalam bentuk lembar validitas dan praktikalitas. Lembar validitas diisi oleh 3 orang dosen jurusan kimia dan 2 orang guru kimia. Lembar praktikalitas diisi oleh 2 orang guru kimia dan 34 orang siswa kelas XI SMAN 12 Padang. Analisis data validitas dan praktikalitas dilakukan dengan menggunakan formula Kappa Cohen. Hasil uji validitas diperoleh rata-rata momen kappa sebesar 0,90 dengan kategori kevalidan sangat tinggi. Hasil uji praktikalitas oleh guru dan 34 orang siswa kelas XI SMAN 12 Padang diperoleh rata-rata momen kappa sebesar 0,80 dan 0,86 dengan kategori kevalidan untuk guru tinggi dan siswa sangat tinggi. Kata Kunci: Modul Berbasis Guided Discovery, Tiga Level Representasi Kimia, Larutan Penyangga, Model 4-D

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 27 Feb 2020 02:02
Last Modified: 27 Feb 2020 02:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25475

Actions (login required)

View Item View Item