Penembangan Media Pembelajaran lnteraktif PowerPoint Berbasis inkuiri Terbimbing Pada Materi Zat adiktif Kelas VIII SMP/MTs.

Syafira, Rahmi Putri (2019) Penembangan Media Pembelajaran lnteraktif PowerPoint Berbasis inkuiri Terbimbing Pada Materi Zat adiktif Kelas VIII SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_RAHMI_PUTRI_SYAFIRA_15035114_2851_2019.pdf

Download (637kB) | Preview

Abstract

Zat adiktif merupakan materi kelas VIII semester 1, pada materi zat adiktif ini tidak dapat dipraktikumkan dan didemonstrasikan karena bahannya tidak boleh dibawa oleh sembarangan orang yang menyebabkan guru menyampaikan materi dengan ceramah sehingga pembelajaran tidak berpusat kepada siswa yang sebagaimana diharapkan kurikulum 2013. Sehingga dikembangkanlah media pembelajaran interkatif PowerPoint berbasisi inkuiri terbimbing pada materi zat adiktif. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif PowerPoint berbasis inkuiri terbimbing pada materi zat adiktif serta mengungkapkan tingkat validitas dan praktikalitasnya sebagai media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4-D (define, design, develop, dan dissiminate). Penelitian ini dibatasi sampai tahap develop, yaitu uji validitas dan praktikalitas media. Instrumen penelitian ini berupa angket uji validitas dan uji praktikalitas. Media yang dikembangkan divalidasi oleh 5 orang validator, yaitu 3 orang dosen kimia dan 2 orang guru IPA. Angket uji praktikalitas diisi oleh 2 orang guru IPA dan 20 orang siswa kelas IX di SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Data hasil uji validitas dan praktikalitas dianalisis dengan menggunakan formula Kappa Cohen.analisis data uji validitas dengan Dosen dan Guru IPA diperoleh rata-rata momen kappa sebesar 0,84 dengan kategori kevalidan sangat tinggi. Dan hasil analisis data uji praktikalitas terhadap guru diperoleh momen kappa sebesar 0,89 dan praktikalitas siswa sebesar 0,88 dengan kategori kepratisan sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran zat adiktif berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan sudah valid dan praktis. Kata Kunci: Interaksi, PowerPoint, Inkuiri terbimbing, Zat adiktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 27 Feb 2020 02:02
Last Modified: 27 Feb 2020 02:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25473

Actions (login required)

View Item View Item