Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan di Puskesmas Gunung Menggunakan Customer Satisfaction Index dan Importance Performance Analysis.

Adha, Ryan Hidayatul (2019) Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan di Puskesmas Gunung Menggunakan Customer Satisfaction Index dan Importance Performance Analysis. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_RYAN_HIDAYATUL_ADHA_14037031_5639_2019.pdf

Download (665kB) | Preview

Abstract

Puskesmas merupakan salah satu unit pelayanan masyarakat yang bergerak pada bidang kesehatan sebagai balai pengobatan umum kelurahan. Adanya puskesmas sangat penting untuk menunjang kemudahan akses kesehatan termasuk di daerah kelurahan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya kritikan dan keluhan dari pasien terhadap pelayanan di Puskesmas Gunung. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui nilai tingkat kepuasan pasien, gambaran objektif kinerja Puskesmas Gunung dan mengetahui pelayanan apa yang hams ditingkatkan dan dipertahankan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang berobat di Puskesmas Gunung dan sampel berjumlah 97 orang dengan kriteria minimal 2 kali berobat di Puskesmas Gunung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Kemudian dilakukan penyebaran kuisioner yang terdiri dari 32 atribut pernyataan. Data yang diperoleh diolah menggunakan metode Customer Satisfaction Index dan Importance Peformance Analysis. Berdasarkan hasil penelitian, pasien merasa puas dengan kinerja Puskesmas Gunung dengan nilai Customer Satisfaction Index sebesar 76,40%. Penilaian pasien mengenai kualitas pelayanan Puskesmas Gunung berdasarkan hasil Importance Performance Analysis bahwa terdapat 4 atribut yang perlu ditingkatkan dan 12 atribut yang perlu dipertahankan. Kemudian, terdapat 11 atrubut yang memiliki prioritas rendah dan 5 atribut yang kinerjanya berlebihan/maksimal menurut pasien. Kinerja yang perlu ditingkatkan Puskesmas Gunung seperti kejelasan informasi yang diberikan petugas apotek tentang obat dan kinerja yang perlu dipertahankan seperti keramahan dan kesopanan petugas pada saat melayani pasien. Kata Kunci : Puskesmas Gunung, Kepuasan Pasien, Customer Satisfaction Index, Importance Performance Analysis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 27 Feb 2020 02:02
Last Modified: 27 Feb 2020 02:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25470

Actions (login required)

View Item View Item