Kepala Sekolah TKontribusi Kepemimpinan ransformasional dan Peran Komite Sekolah terhadap Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri Kota Padang Panjang

Febriyanti, Adek (2019) Kepala Sekolah TKontribusi Kepemimpinan ransformasional dan Peran Komite Sekolah terhadap Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri Kota Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_ADEK_FEBRIYANTI_17147002_5931_2019.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan dilapangan, menunjukkan adanya indikasi masih belum efesiennya pelaksanaan manajemen berbasis sekolah pada SMP Negeri Kata Padang Panjang. Peneliti menduga bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan peran komite sekolah memiliki kontribusi dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri Kata Padang Panjang. Oleh karena itu diadakan penelitian untuk menguji kebenarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Kontribusi kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri Kata Padang Panjang, 2) Kontribusi peran komite sekolah terhadap pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri Kata Padang Panjang, 3) Kontribusi kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan peran komite sekolah terhadap pelaksanaan manaj emen berbasis sekolah di SMP Negeri Kata Padang Panjang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan j enis penelitian korelasional dengan populasi berjumlah 233 orang guru. Penarikan sampel dengan menggunakan metode Stratified Proporsional Random Sampling, berjumlah 78 orang guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menemui subj ek penelitian. Teknik Analisis Data diolah dengan menggunakan teknik korelasi dan regresi bantuan program SPSS versi 20. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Kontribusi kepemimpinan transformasional kepala sekolah pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri Kata Padang Panjang sebesar 10, 7%. 2) Kontribusi peran komite sekolah terhadap pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri Kata Padang Panjang sebesar 11,4 %. 3) Kontribusi kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan peran komite sekolah secara bersama-sama berkontribusi terhadap pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri Kata Padang Panjang sebesar 16,6%. Hal ini menjelaskan bahwa untuk meningkatkan pelaksanaan manajemen berbasis sekolah dengan baik dan ideal sebaiknya dilakukan melalui kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan peran komite sekolah. Oleh sebab itu diharapkan kepada pihak-pihak terkait agar memperhatikan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan peran komite sekolah agar pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri Kata Padang Panjang meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 27 Feb 2020 02:02
Last Modified: 27 Feb 2020 02:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25468

Actions (login required)

View Item View Item