Optimasi Rute Pengiriman Barang dengan Meminimumkan Biaya Transpotasi Menggunakan Metode Saving Matrix di PT. Amnaah Insanillahia.

Hidayatifama, Rida Arifi (2019) Optimasi Rute Pengiriman Barang dengan Meminimumkan Biaya Transpotasi Menggunakan Metode Saving Matrix di PT. Amnaah Insanillahia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_RIDA_ARIFI_HIDAYATIFAMA_15030077_5546_2019.pdf

Download (696kB) | Preview

Abstract

Pendistribusian barang adalah salah satu bagian yang sangat penting di sebuah perusahaan. Permasalahan utama dalam pendistribusian produk ke konsumen adalah pengoptimalan rute dan biaya pengiriman, Salah satu perusahaan yang mengalami permasalahan tersebut yaitu PT. Amanah Insanillahia,dimana perusahaan ini hanya melakukan perhitungan secara konvensional untuk memperkirakan pendistribusian barang. Oleh karena itu diperlukan suatu metode untuk menyelesaikan permasalahan transportasi untuk meminimumkan biaya pemgiriman dengan metode transportasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui biaya optimal untuk masalah transportasi dengan metode Saving Matrix pada pengiriman barang. Metode yang digunakan adalah Saving Matrix. Saving Matrix merupakan metode yang digunakan untuk menentukan rute distribusi produk ke wilayah pemasaran dengan cara menetukan rute distribusi yang harus dilalui dan jumlah kendaraan berdasarkan kapasitas dari kendaraan tersebut agar diperoleh rute terpendek dan biaya transportasi yang minimum. J enis penelitan ini merupakan penelitian terapan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dari PT. Amanah Insanillahia pada satu minggu tanggal 24-29 Juni 2019. Dengan menggunakan metode saving matrix rute pengiriman barang yang didapatkan adalah rute pertama pengiriman barang yang dilakukan yaitu Kecamatan Pariangan dan Kecamatan Batipuh. Rute kedua yaitu Kecamatan Sungayang dan Kecamatan Rambatan. Rute ketiga yaitu Keacamatan Limo Kaum dan Kecamatan Lintau. Rute keempat yaitu Kecamatan Salimpaung dan Kecamatan Sungai Tarah. Terakhir rute kelima yaitu Kecamatan Tanjung Emas. Sedangkan biaya transportasi yang diperoleh dengan menggunakan metode saving matrix, perusahaan bisa menghemat biaya transportasi yaitu sebesar Rp. 403.309 atau sebesar 35,11 % Kata Kunci - Pendistribusian Barang, Metode Transportasi, Metode Saving Matrix

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Feb 2020 06:57
Last Modified: 26 Feb 2020 06:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25467

Actions (login required)

View Item View Item