Profil Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar Gugus 1 Kecamatan Bintan Timur

Sumantri, Agus (2019) Profil Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar Gugus 1 Kecamatan Bintan Timur. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_AGUS_SUMANTRI_15086157_274_2019.pdf

Download (464kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Sekolah Dasar Gugus 1 Kecamatan Bintan Timur yang kurang berjalan dengan optimal diduga karena guru yang mengajar bukan pendidikan terakhirnya dibidang penjas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang menyangkut strategi pembelajaran dalam belajar teori dan praktik, kompetensi guru dalam belajar teori dan praktik. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru yang bukan pendidikan terakhirnya dibidang penjas namun mengajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Sekolah Dasar Gugus 1 Bintan Timur yang berjumlah 5 orang. Penarikan sampel menggunakan teknik total sampling yaitu seluruh populasi jadi sampel. Variabel dalam penelitian ini adalah; (1) Strategi pembelajaran dalam belajar teori, (2) Strategi pembelajaran dalam belajar praktik, (3) Kompetensi guru dalam belajar teori dan (4) Kompetensi guru dalam belajar praktik, Instrumen ini menggunakan lembar observasi dengan skala likert yang diperoleh dari hasil pengamatan. Data diolah secara deskripif melalui rumus persentase. Hasil penelitian menyatakan (1) Tingkat capaian strategi pembelajaran dalam belajar teori sebesar 54,67% berada pada klasifikasi “CUKUP” dengan 5 orang klasifikasi “CUKUP”, (2) Tingkat capaian strategi pembelajaran dalam belajar praktik sebesar 50,67% klasifikasi “CUKUP” dengan 1 orang klasifikasi “BAIK” dengan 3 klasifikasi “CUKUP” dan 1 orang klasifikasi “KURANG”, (3) Tingkat capaian kompetensi guru dalam belajar teori sebesar 67,81% klasifikasi “BAIK” dengan 5 orang klasifikasi “BAIK”, (4) Tingkat capaian kompetensi guru dalam belajar praktik sebesar 70,10% berada pada klasifikasi “BAIK” dengan 5 orang klasifikasi “BAIK”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Feb 2020 06:56
Last Modified: 26 Feb 2020 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25450

Actions (login required)

View Item View Item