Upaya Polisi Lalu Lintas dalam Meningkatkan Tertib Lalu Lintas bagi Pengguna Kendaraan Bermotor (Studi pada Siswa SMK N I Ranah Ampek Hulu Tapan)

Afrita, Nadia (2019) Upaya Polisi Lalu Lintas dalam Meningkatkan Tertib Lalu Lintas bagi Pengguna Kendaraan Bermotor (Studi pada Siswa SMK N I Ranah Ampek Hulu Tapan). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_NADIA_AFRITA_15052111_4989_2019.pdf

Download (578kB) | Preview

Abstract

Upaya polisi lalu lintas sangat penting untuk meningkatkan tertib lalu lintas bagi pengguna kendaraan bermotor pada siswa SMK N I Rana Ampek Hulu Tapan yang bertujuan menciptakan ketertiban, kelancaran dan keselamatan dalam berlalu lintas karena Tertib lalu lintas pada siswa SMK N I Ranah Ampek Hulu Tapan sangat kurang dalam penggunaan kelengkapan berkendaraan bermotor seperti penggunaan helm, kaca spion, dan selain itu juga siswa banyak yang menggunakan knalpot resing dan berbonceng tiga. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskripftif, data diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa polisi lalu lintas telah melakukan upaya untuk meningkatkan tertib lalu lintas pada siswa SMK N I Rana Ampek Hulu Tapan dengan Pola Preemtif berupa sosialisasi dan penyuluah, Pola Reprepsif dengan melakukan razia di sekolah, dan Pola Preventif dengan melakukan patroli pada malam hari untuk meningkatkan tertib lalu lintas pada remaja tingkat siswa SMK/SMA, dan SMP. Dari tiga upaya yang telah dilakuakan polisi lalu laintas pada siswa SMK N I Ranah Ampek Hulu Tapan dalam meningkatkan tertib lalu lintas masih belum maksimal karena ada beberapa kendala baik dari polisi itu sendiri yang mana kurangnya personil polisi lalu lintas dan dari siswa SMK N I Ranah Ampek Hulu Tapan yang kurang merespon dari upaya yang dilakukan oleh polisi lalu lintas dimana respon siswa hanya berlangsung dalam beberapa hari saja kemudia kembali tidak mematui tertib lalu lintas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Feb 2020 06:56
Last Modified: 26 Feb 2020 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25447

Actions (login required)

View Item View Item