Pengembangan Bahan Ajar Fisika Bermuatan Literasi Saintifik pada Materi Alat-Alat Optik dan Pemanasan Global untuk Kelas XI SMA/MA.

Ningsih, Laras Setia (2019) Pengembangan Bahan Ajar Fisika Bermuatan Literasi Saintifik pada Materi Alat-Alat Optik dan Pemanasan Global untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_LARAS_SETIA_NINGSIH_15033113_3326_2019.pdf

Download (850kB) | Preview

Abstract

Pendidikan abad 21 menekankan kepada kemampuan peserta didik untuk berpikir kritis, mampu menghubungkan ilmu dengan dunia nyata, menguasai teknologi informasi, berkomunikasi dan berkolaborasi. Pada mata pelajaran fisika kemampuan berfikir logis, dan sistematis dapat dikembangkan untuk membekali peserta didik agar mampu menghadapi tantangan dalam masyarakat yang semakin kompetitif. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan, salah satunya ialah dengan menerapkan literasi didalam pembelajaran. Namun, kondisi nyata di sekolah menunjukkan bahwa pembelajaran fisika belum berjalan dengan optimal dimana pada literasi yang digunakan dalam pembelajaran hanya literasi fungsional saja. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah mengembangkan bahan ajar bermuatan literasi saintifik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan validitas dan praktikalitas bahan ajar fisika bermuatan literasi saintifik. Jenis penelitian adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D). Objek penelitian adalah bahan ajar fisika bermuatan Literasi Saintifik pada materi Alat- Alat optik dan Pemanasan Global Kelas XI SMA I MA. Instrumen untuk validasi dan praktikalitas bahan ajar adalah lembar kuesioner. Validator bahan ajar fisika bermuatan literasi saintifik terdiri dari 3 validator, yaitu dosen fisika FMIPA UNP, sedangkan praktisi bahan ajar fisika bermuatan literasi saintifik terdiri dari 2 orang guru fisika dan 60 peserta didik. Teknik analisis data adalah statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data dari penelitian yang telah dilakukan dapat dikemukakan dua hasil penelitian. Pertama nilai rata-rata validasi bahan ajar fisika bermuatan literasi saintifik pada materi alat-alat optik dan pemanasan global adalah 90,91 yang memiliki tingkat kevalidan yang sangat tinggi. Kedua, penggunaan bahan ajar fisika bermuatan literasi saintifik adalah sangat praktis dengan rata-rata nilai kepraktisan 93,33 menurut guru dan 84,19 menurut peserta didik. Jadi, bahan ajar fisika bermuatan literasi saintifik berada pada tingkat kevalidan dan kepraktisan yang sangat tinggi sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran fisika SMA kelas XI. Kata kunci : Literasi Saintifik, Konteks Saintifik, Bahan Ajar, Alat-Alat Optik, Pemanasan Global.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Feb 2020 06:56
Last Modified: 26 Feb 2020 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25446

Actions (login required)

View Item View Item