Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Geografi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Lubuk Basung

Sherly, Refni (2019) Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Geografi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Lubuk Basung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_REFNI_SHERLY_15045120_5322_2019.pdf

Download (488kB) | Preview

Abstract

Pada proses pembelajaran di SMA Negeri 2 Lubuk Basung ditemukan suatu permasalahan pada minat belajar sisiwa, hal ini dikarenakan pada proses pembelajaran yang disajikan bersifat abstrak. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu perbaikan dengan menggunakan media audio visual, maka tujuan penelitian ini ialah untuk meningkatkan minat belajar siswa Geografi kelas X IPS di SMA Negeri 2 Lubuk Basung semester Januari-Juni 2019 melalui penggunaan media audio visual Metoode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Informasi dalam penelitian ini adalah siswa geografi kelas X IPS. Penentuan informasi dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling (acak) maka diperoleh sampel 51 siswa. Pengumpulan data dilkaukan dengan penyebaran angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan rumus presentasi dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa: Penggunaan media audio visual dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran yang bersifat abstrak menjadi konkrit. Pada pertemuan I, skor rata-rata minat belajar siswa yaitu 129 ,96, dan pada pertemuan II, rata-rata skor minat belajar siswa meningkat menjadi 139,22. Hal ini membuktikan bahwa dengan penggunaan media audio visual dapat membantu meningkatkan minat belajar siswa. Kata Kunci: Media Audio Visual, Minat Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Feb 2020 06:56
Last Modified: 26 Feb 2020 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25445

Actions (login required)

View Item View Item