Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai dan Koordinasi Mata Kaki terhadap Akurasi Shooting Pemain Sekolah Sepakbola Padang Canduah Kinali Kab. Pasaman Barat

Cahyono, Simeon (2019) Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai dan Koordinasi Mata Kaki terhadap Akurasi Shooting Pemain Sekolah Sepakbola Padang Canduah Kinali Kab. Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_SIMEON_CAHYONO_1303258_245_2019.pdf

Download (505kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan akurasi shooting pemain Sekolah Sepakbola Padang Canduah Kinali Kab. Pasaman Barat yang belum baik dan masih jauh dari apa yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat kontribusi daya ledak otot tungkai dan koordinasi mata kaki terhadap kemampuan akurasi shooting pemain Sekolah Sepakbola Padang Canduah Kinali Kab. Pasaman Barat. Penelitian ini memiliki tiga variabel yaitu, daya ledak otot tungkai (X1), koordinasi mata kaki (X2) dan kemampuan akurasi shooting sebagai variabel (Y). Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian adalah pemain Sekolah Sepakbola Padang Canduah Kinali Kab. Pasaman Barat yang berjumlah 75 orang pemain. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang pemain yaitu pemain usia 15 dan 17 tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan tes terhadap ketiga variabel tersebut. Data variabel daya ledak otot tungkai diambil dengan standing broad jump test, variabel koordinasi mata kaki diambil dengan soccer wall volley test dan akurasi shooting menggunakan tes akurasi shooting. Untuk hipotesi 1 dan 2 data dianalisis dengan korelasi product moment, sedangkan untuk hipotesis 3 dianalis dengan korelasi ganda. Hasil penelian menunjukan bahwa: 1) Daya ledak otot tungkai berkontribusi terhadap kemampuan akurasi shooting pemain Sekolah Sepakbola Padang Canduah Kinali Kab. Pasaman Barat, dengan hasil thitung 2,467 > ttabel 1,7011 didapat besaran kontribusi sebesar 17,97%. 2) Koordinasi mata kaki berkontribusi terhadap kemampuan akurasi shooting pemain Sekolah Sepakbola Padang Canduah Kinali Kab. Pasaman Barat, dengan perolehan thitung 3,6447 > ttabel 1,7011, didapat besaran kontribusi sebesar 32,71%. 3) Daya ledak otot tungkai secara bersamaan dengan koordinasi mata kaki berkontribusi terhadap kemampuan akurasi shooting pemain Sekolah Sepakbola Padang Canduah Kinali Kab. Pasaman Barat, dengan perolehan Fhitung 8,884 > Ftabel 3,34 didapat besaran kontribusi sebesar 39,69%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Feb 2020 06:56
Last Modified: 26 Feb 2020 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25444

Actions (login required)

View Item View Item