Pembuatan LKS Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Kelas XI SMA/MA.

Afriyenti, Dola (2019) Pembuatan LKS Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_DOLA_AFRIYENTI_15033100_4987_2019.pdf

Download (768kB) | Preview

Abstract

Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satunya dengan menerapkan pembelajaran yang berbasis problem solving serta menuntut siswa berpikir kritis. Namun, kondisi nyata di sekolah menunjukkan bahwa pembelajaran fisika belum berjalan dengan baik serta belum sepenuhnya model berbasis problem solving terlaksana dengan baik, integrasi keterampilan 4C belum semuanya diterapkan dalam proses pembelajaran, masih hanya beberapa seperti keterampilan komunikasi dan kolabrosi. Sedangkan keterampilan berpikir kritis belum diterapkan kedalam proses pembelajaran. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah membuat LKS berbasis problem solving untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menentukan kevalidan serta kepraktisan pada LKS. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development (R&D). (Sugiyono, 2017: 407). Langkah-langkah yang digunakan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi, revisi desain, dan uji coba produk. Objek pada penelitian adalah LKS Berbasis Problem Solving pada materi fluida statis dan fluida dinamis. Alat untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah hasil validasi dari tenaga ahli yang meliputi dosen fisika FMIPA UNP sebagai validator, hasil kepraktisan dari guru mata pelajaran fisika, serta hasil kepraktisan dari siswa SMA kelas XI SMAN 2 Batang Anai. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data dari penelitian yang telah dilakukan dapat dikemukakan dua hasil penelitian. Pertama, LKS Berbasis Problem Solving pada materi fluida statis dan fluida dinamis adalah sangat valid dengan nilai rata-rata validitas sebesar 87,2.Kedua, LKS Berbasis Problem Solving pada materi fluida statis dan fluida dinamis adalah sangat praktis dengan nilai rata-rata praktikalitas guru dan siswa sebesar 85,7 dan 88,7. Jadi, dapat disimpulkan bahwa LKS Berbasis Problem Solving pada materi fluida statis dan fluida dinamis Kelas XI SMA/MA adalah sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Feb 2020 02:27
Last Modified: 26 Feb 2020 02:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25435

Actions (login required)

View Item View Item