Efektivitas Media Video Tutorial dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Ikan Asin Bagi Anak Tunarungu (Pre Experimental Design di SLB YPPC Painan)

Putri, Lisa Yulia (2019) Efektivitas Media Video Tutorial dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Ikan Asin Bagi Anak Tunarungu (Pre Experimental Design di SLB YPPC Painan). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_LISA_YULIA_PUTRI_15003015_5320_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan terdapat lima orang anak tunarungu kelas X di SLB YPPC Painan. Pada saat peneliti melakukan pengamatan anak kurang berminat dalam pembelajaran tentang pengolahan ikan, anak belum pemah di cobakan cara mengolah ikan untuk menjadi suatu olahan yang bisa diperjual belikan. Metode penelitian yang digunakan adalah pre experimental designt atau quasi eksperiment. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu tahapan awal untuk mengetahui nilai anak sebelum diberikan pretest, tahapan kedua yaitu pemberian treatment dalam keterampilan membuat ikan asin bagi anak tunarungu dengan menggunakan media video tutorial, selanjutnya tahapan ketiga yaitu tes terakhir untuk mengetahui seberapa jauh akibat dari treatment yang sudah deberikan posttest. Nilai dari pretest dan posttest diolah serta dibandingkan dengan menggunakan Uji Wilcoxon untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil proses kerja dari lima anak dalam membuat ikan asin setelah diolah serta dibandingkan dengan menggunakan wilcoxon sign rank test, terbukti bahwa media video tutorial efektif digunakan dalam keterampilan vokasioanl membuat ikan asin bagi anak tunarungu di SLB YPPC Painan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 26 Feb 2020 02:27
Last Modified: 26 Feb 2020 02:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25432

Actions (login required)

View Item View Item