"Pembuatan LKS Berbasis Problem Solving Dalam Mencapai Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Gelombang Untuk Kelas XI SMA/MA.

Nuraidina, Ully (2019) "Pembuatan LKS Berbasis Problem Solving Dalam Mencapai Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Gelombang Untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_ULLY_NURAIDINA_15033130_4988_2019.pdf

Download (758kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 mengharuskan pembelajaran fisika dilaksanakan secara lengkap dan baik dengan menggunakan berbagai sumber belajar. Kenyataan di sekolah pembelajaran fisika belum terlaksana dengan baik, guru belum sepenuhnya melaksanakan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem solving, guru belum menggunakan LKS yang scsuai dengan kurikulum 2013 dan integrasi keterampilan abad 21 siswa belum terlaksana seutuhnya terutama keterampilan berpiir kritis. Salah satu solusi dari permasalahan ini adalah membuat LKS berbasis Problem solving untuk mencapai keterampilan berpikir kritis. Adapun tujuan penelitian ini adalah menghasilkan LKS berbasis problem solving yang valid dan praktis. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development (R&D). Objek pada penelitian adalah LKS Berbasis Problem Solving pada materi gelombang berjalan, bunyi dan cahaya. Langkah-langkah penelitian ini ada enam tahapan yaitu dimulai dari mengenal potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, mendesain produk, memvalidasi produk, merevisi produkdan sampai menguji coba produk dengan uji terbatas. Alat untuk mengumpulkan data adalah lembar validitas dari tenaga ahli dan lembar praktikalitas dari guru mata pelajaran fisika, serta lembar praktikalitas dari siswa kelas XI SMAN 3 Pariaman. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif untuk validasi dan kepratisan produk. Berdasarkan analisis data dari penelitian yang telah dilakukan dapat dikemukakan dua hasil penelitian. Pertama, LKS berbasis problem solving pada materi gelombang berjalan, bunyi dan cahaya adalah sangat valid dengan nilai rata-rata validitas sebesar 88,45. Kedua, LKS berbasis problem solving pada materi gelombang berjalan, bunyi dan cahaya adalah sangat praktis dengan nilai rata-rata praktikalitas guru dan siswa sebesar 88 dan 89,44. Jadi, dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis problem solving pada materi gelombang berjalan, bunyi dan cahaya Kelas XI SMA/MA adalah sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Feb 2020 04:21
Last Modified: 25 Feb 2020 04:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25431

Actions (login required)

View Item View Item