Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Padang Panjang.

Riska, Delva (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_DELVA_RISKA_15029063_5246_2019.pdf

Download (731kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun kenyataannya pemahaman konsep matematis peserta didik di SMPN 1 Padang Panjang masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS serta mendeskripsikan apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dan deskriptif dengan rancangan Randomized Control-Group Only Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMPN 1 Padang Panjang tahun pelajaran 2019/2020. Sampel diambil dengan teknik random sampling, dimana kelas VIII B sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes dan kuis pemahaman konsep matematis setiap pertemuannya. Data perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik dianalisis dan dideskripsikan melalui hasil kuis sedangkan tes pemahaman konsep matematis peserta didik dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil kuis yang diperoleh data perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik di SMPN 1 Padang Panjang meningkat selama dilakukan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Dari analisis hasil tes pemahaman konsep matematis peserta didik, diperoleh P-value = 0,005 kurang dari a = 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik daripada yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMPN 1 Padang Panjang. Kata Kunci : Pemahaman Konsep Matematis, Model Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Feb 2020 04:20
Last Modified: 25 Feb 2020 04:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25427

Actions (login required)

View Item View Item