Pengembangan e-Modul Termokimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Virtual Laboratory untuk SMA/MA.

Nofrida, Anita (2019) Pengembangan e-Modul Termokimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Virtual Laboratory untuk SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_ANITA_NOFRIDA_15035019_2927_2019.pdf

Download (482kB) | Preview

Abstract

ermokimia merupakan salah satu materi pada pembelajaran kimia kelas XI semester I di Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berisi pengetahuan yang berdimensi faktual, konseptual, dan prosedural yang dapat diajarkan dengan metode dan bahan ajar yang bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-modul termokimia berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi virtual laboratory untuk SMA/MA dan menetukan tingkat validitas dan praktikalitas e-modul yang dikembangkan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4-D. E-Modul yang dikembangkan divalidasi oleh 3 orang dosen kimia FMIPA UNP dan 2 orang guru kimia SMAN 2 Lubuk Basung. Angket uji praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru kimia SMAN 2 Lubuk Basung dan 26 orang siswa kelas XII IPA 6 SMAN 2 Lubuk Basung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validitas dan angket praktikalitas yang hasilnya dianalisis menggunakan formula Kappa Cohen. Hasil uji validitas diperoleh rata-rata momen kappa sebesar 0,87 dengan kategori kevalidan sangat tinggi. Hasil uji praktikalitas terhadap guru diperoleh rata-rata momen kappa sebesar 0,87 dan terhadap siswa sebesar 0,86 dengan kategori kepraktisan sangat tinggi. Keyword : e-modul, inkuri terbimbing, virtual laboratory, model 4-D, termokimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Feb 2020 02:18
Last Modified: 25 Feb 2020 02:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25425

Actions (login required)

View Item View Item