Hubungan Koordinasi Mata-Tangan dan Kelentukan Togok dengan Ketepatan Smash Atlet Bolavoli Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Payakumbuh

Syaiful, Syaiful (2019) Hubungan Koordinasi Mata-Tangan dan Kelentukan Togok dengan Ketepatan Smash Atlet Bolavoli Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_SYAIFUL_1303295_580_2019.pdf

Download (523kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti terhadap pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler permainan Bolavoli di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Payakumbuh, bahwa kemampuan Atlet dalam melakukan smash masih kurang baik sehingga menyebabkan minimnya prestasi yang didapat. Masalah inilah yang diduga disebabkan beberapa faktor, antara lain rendahnya koordinasi mata tangan dan kelentukan dari Atlet Bolavoli Madrasah Aliyah Negeri 2 Payakumbuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan koordinasi mata tangan dan kelentukan dengan ketepatan smash Atlet Bolavoli di Madrasah Aliyah Negeri 2 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi penelitian ini seluruh Atlet Bolavoli yang mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler Bolavoli di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Payakumbuh sebanyak 15 Putri dan 30 Putra, sedangkan sampel diambil secara purposive sampling sehingga yang di ambil untuk penelitian Atlet putra saja dengan jumlah 30 orang Atlet. Tempat pelaksanaan penelitian adalah di lapangan Bolavoli Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Payakumbuh, adapun waktu penelitian adalah bulan Juli 2018. Data koordinasi mata tangan diambil dengan tes Ball Warfen Und-fangen, kelentukan togok dengan Brige Up (Kayang), dan data Ketepatan smash diambil dengan tes diagonal dan frontal. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan dilanjutkan dengan analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1). Terdapat hubungan yang signifikan antara Koordinasi mata tangan dengan ketepatan smash Atlet Bolavoli Madrasah Aliyah Negeri 2 Payakumbuh, ini ditandai dengan hasil penelitian yang diperoleh yaitu thitung = 2,085 > ttabel = 2,048, 2) Terdapat hubungan yang signifikan antara ekstensi togok dengan ketepatan smash Atlet Bolavoli Madrasah Aliyah Negeri 2 Payakumbuh, ini ditandai dengan hasil yang diperoleh yaitu thitung = 2,342 > ttab = 2,048, 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara koordinasi mata tangan dan ekstensi togok secara bersama-sama dengan ketepatan smash Atlet Bolavoli Madrasah Aliyah Negeri 2 Payaumbuh . Diperoleh Fhitung = 8,982 > Ftabel = 3,5.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Feb 2020 02:18
Last Modified: 25 Feb 2020 02:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25421

Actions (login required)

View Item View Item