Stres Akademik Siswa SMA dan Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling

Ade, Abdul Halim (2019) Stres Akademik Siswa SMA dan Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_ABDUL_HALIM_ADE_15006108_5809_2019.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Stres akademik adalah adalah suatu kondisi dimana terjadi ketidak sesuaian antara tuntutan sekolah dengan kemampuan yang dimiliki siswa sehingga siswa terbebani oleh berbagai tuntutan sekolah atau akademik. Kenyataan yang terjadi di lapangan adanya siswa yang mengalami stres akademik dalam mengikuti proses belajar mengajar di sekolah, baik dilihat dari gejala fisiologis, psikologis, dan sikap. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran stres akademik siswa SMA dari gejala fisiologis, gejala psikologis, dan gejala sikap. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Payakumbuh, dengan populasi sebanyak 780 siswa dan sampel berjumlah 264 siswa. Data diperoleh dengan cara memberikan instrumen penelitian berupa angket kepada siswa. Hasil penelitian diolah untuk mencari persentase dan kemudian dikategorikan sesuai tingkat stres akademiknya. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa, pertama stres akademik siswa SMA Negeri 1 Payakumbuh berada pada kategori rendah dengan persentase 68,56%. Hal ini berarti siswa SMA Negeri 1 Payakumbuh mampu mengontrol situasi atau kondisi yang menjadi penyebab munculnya stres yang berkaitan dengan akademik. Kedua stres akademik siswa yang berkaitan dengan gejala fisiologis berada pada kategori rendah, Ketiga stres akademik siswa SMA yang berkaitan dengan gejala psikologis berada pada kategori sedang. Keempat stres akademik siswa SMA yang berkaitan dengan gejala sikap berada pada kategori rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 25 Feb 2020 01:51
Last Modified: 25 Feb 2020 01:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25418

Actions (login required)

View Item View Item