Pratiwi, Agatha (2019) Pengembangan Media Pembelaj aran Menggunakan Aplikasi Focusky Dilengkapi Buku Panduan pada Materi Protista untuk Peserta Didik Kelas X di SMAN 2 Batang Anai. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_3_AGATHA_PRATIWI_15031062_2421_2019.pdf Download (715kB) | Preview |
Abstract
Ketersediaan dan penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik menjadi permasalahan dalam pembelajaran biologi di SMAN 2 Batang Anai. Hal tersebut disebabkan penggunaan media pembelajaran yang monoton, terbatasnya keterampilan guru mengembangkan media pembelajaran, penggunaan media pembelajaran belum sesuai dengan gaya belajar peserta didik, rendahnya pemahaman peserta didik pada materi Protista, dan kondisi sarana dan prasarana sekolah yang tidak mendukung. Salah satu altematif solusi dari permasalahan tersebut adalah mengembangkan media pembelajaran menggunakan aplikasi Focusky dilengkapi dengan buku panduan. Aplikasi Focusky memiliki kelebihan efek transisi dan metode drag and drop dalam menghasilkan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran menggunakan aplikasi Focusky dilengkapi buku panduan pada materi protista untuk peserta didik kelas X yang valid dan praktis. Jenis penelitian adalah pengembangan dengan model Instructional Development Institute (IDI). Subjek penelitian adalah dua orang dosen biologi FMIPA UNP, satu orang guru biologi SMAN 2 Batang Anai, dan 30 orang peserta didik kelas X SMAN 2 Batang Anai. Objek penelitian adalah media pembelajaran menggunakan aplikasi Focusky pada materi Protista dilengkapi buku panduan untuk peserta didik kelas X. Data penelitian adalah data validitas dan praktikalitas Berdasarkan hasil penelitian dihasilkan media pembelajaran menggunakan aplikasi Focusky pada materi Protista dilengkapi buku panduan untuk peserta didik kelas X. Media Pembelajaran menggunakan aplikasi Focusky pada materi Protista dilengkapi buku panduan dikategorikan valid dengan nilai validitas 88,82%. Media Pembelajaran menggunakan aplikasi Focusky pada materi Protista dilengkapi buku panduan sangat praktis bagi guru dengan nilai praktikalitas 95,65%, dan praktis bagi peserta didik dengan nilai praktikalitas 85,57%. Kata Kunci: Focusky, Buku Panduan, IDI.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1 |
Depositing User: | Mutia Farida |
Date Deposited: | 24 Feb 2020 08:37 |
Last Modified: | 24 Feb 2020 08:37 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25414 |
Actions (login required)
View Item |