Pengaruh Penerapan Metode Pictorial Riddle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IP A Kelas VII di SMP N egeri 4 Padang

Randa, Agusti (2019) Pengaruh Penerapan Metode Pictorial Riddle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IP A Kelas VII di SMP N egeri 4 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_AGUSTI_RANDA_15004001_5230_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah hasil observasi yang peneliti lakukan di SMP Negeri 4 Padang, dimana strategi pembelajaran berfikir tidak digunakan secara baik dalam setiap proses pembelajaran di dalam kelas, dan juga metode yang digunakan guru dalam pembelajaran IPA kurang variatif sehingga motivasi belajar siswa menjadi kurang, akibatnya hasil belajar siswa pun menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh dengan menggunakan metode pictorial riddle terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 4 Padang Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan quasy eksperiment. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Padang yang berjumlah 223 orang yang terdiri dari 7 kelas Tahun Ajaran 2019/2020. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling dalam menentukan sampel. Sampel meliputi kelas VII.5 sebagai kelas eksperimen sebanyak 32 orang siswa dan kelas VII.6 sebagai kelas kontrol sebanyak 32 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes, berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan t-test. Berdasarkan hasil tes akhir siswa berupa lembar kerja yang telah diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol, diperoleh hasil di kelas eksperimen (kelas VII.5) dengan nilai rata-rata 79,06, sedangkan pada kelas kontrol (kelas VII.6) diperoleh nilai rata-ratanya 71, 16. Hasil analisis data yang telah dilakukan bahwa thitung lebih besar yaitu 4,39 dibandingkan dengan ttabel sebesar 2,000 dengan derajat kebebasan dk = (n1-1) + (n2-1) pada taraf signifikan 0,05. Maka thitung lebih besar dari ttabel yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan. Hasil analisis hipotesis dengan uji thitung = 4,39 dan harga ttabel = 2,000, ini berarti thitung tidak berada pada daerah penerimaan Ho sehingga Ho ditolak dan H1 diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran menggunakan metode pictorial riddle dengan pembelajaran yang menggunakan metode konvensional pada kelas VII SMP Negeri 4 Padang pada Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 24 Feb 2020 07:18
Last Modified: 24 Jul 2021 09:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25407

Actions (login required)

View Item View Item