Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA se Kota Sungai Penuh

Sutrisna, Nana (2019) Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA se Kota Sungai Penuh. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_NANA_SUTRISNA_17177048_2843_2019.pdf

Download (732kB) | Preview

Abstract

Pendidikan abad 21 bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Hasil studi PISA menunjukkan bahwa literasi sains peserta didik Indonesia berada dalam kategori rendah. Rendahnya literasi sains peserta didik disebabkan oleh beberapa faktor dalam sistem pendidikan, baik dari kurikulum, guru, maupun peserta didik itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi sains peserta didik Kelas X SMA se Kota Sungai Penuh serta faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kombinasi (mixed method). Sampel dalam penelitian ini adalah 86 peserta didik yang berasal dari tiga SMA dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal tes literasi sains serta lembar pedoman wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan pemberian skor untuk setiap jawaban peserta didik kemudian dideskripsikan ke dalam nilai dan kategori capaian literasi sains serta menganalisis hasil wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa nilai rata-rata literasi sains peserta didik Kelas X SMA se Kota Sungai Penuh secara umum adalah 31,58 dengan kategori rendah. Nilai rata-rata setiap kompetensi sains yaitu, 22,66 untuk kompetensi menjelaskan fenomena secara ilmiah, 47,15 untuk kompetensi mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah, dan 28,44 untuk kompetensi menafsirkan data dan bukti ilmiah. Nilai rata-rata pada setiap pengetahuan sains yaitu, 40,56 untuk pengetahuan konten, 27,65 untuk pengetahuan prosedural, dan 24,19 untuk pengetahuan epistemik. Kemampuan literasi sains peserta didik dalam menjawab soal yaitu, nilai tertinggi pada soal level 1 dengan nilai rata-rata 46,08 dan terendah pada soal level 6 dengan nilai rata-rata 7,17. Berdasarkan konten materi hanya 4 unit soal yang mampu dijawab dengan nilai kriteria sedang, dan tiga unit soal lainnya berada pada kriteria nilai rendah. Nilai rata-rata sikap sains peserta didik yaitu 73,70 dengan kategori cukup. Nilai rata-rata yang diperoleh masing-masing cluster, yaitu 34,70 untuk SMAN 2 Sungai Penuh, 34,71 untuk SMAN 4 Sungai Penuh, dan 22,51 untuk SMAN 5 Sungai Penuh. Faktor yang mempengaruhi rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik Kelas X SMA di Kota Sungai Penuh yaitu minat membaca yang masih rendah, alat evaluasi yang belum mengarah pada pengembangan literasi sains, dan kurangnya pengetahuan guru tentang literasi sains.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Feb 2020 02:59
Last Modified: 24 Feb 2020 02:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25400

Actions (login required)

View Item View Item